BWS Kepri Siap Bangun Waduk


 
DAM: Selat Dompak yang dilintasi oleh jembatan dilihat dari udara. Kawasan ini dinilai sebagai lokasi pembangunan dam estuari. f-adli bara hanani/tanjungpinang pos

Tanjungpinang – Berdasarkan Rencana Tata Ruang Nasional, di Provinsi Kepri ditetapkan beberapa kawasan untuk pengelolaan Sumber Daya Air (SDA) untuk kawasan FTZ Batam-Bintan-Karimun (BBK). Nyatanya, hanya sebagian kecil yang terealisasi.

Ini membuat warga yang ada di Bintan dan Tanjungpinang selalu kekurangan air bersih. Parahnya lagi, terbatasnya sumber air bersih menjadi alasan investor hingag tak mau berinvestasi di Tanjungpinang dan Bintan.

Menurut anggota Dewan Sumber Daya Air (DSDA) Provinsi Kepri Kherjuli jika Sumber Daya Air diwujudkan sesuai dengan tata ruang nasional, itu akan menjadi sesuai permasalahan air di Tanjungpinang sebagai Ibu Kota Provinsi Kepri ini.

”Ada rencana pembangunan waduk SDA di kawasan Dompak. Kawasan pengembangan SDA-nya berada di Sungai Dompak, sebagai sumber air untuk Dam Estuari Dompak. Jadi kalau dibanding potensi SDA-nya tentu Sungai Dompak itu jauh lebih potensial di banding kolong-kolong bekas pencucian bauksit,” ujarnya kemarin.

Apalagi, kata dia, bila dilihat dari segi fisik dan bentang alam maupun kesesuaian tata ruang, Sungai Dompak itulah yang paling potensial dijadikan sebagai SDA untuk mendukung pengembangan kawasan FTZ Dompak.Ditambah lagi penetapan kawasan SDA itu didasarkan atas beberapa pertimbangan dan kajian.

”Dari salah satu kajian, maka ditetapkanlah Sungai Dompak itu untuk pengembangan SDA dengan cara membangun DAM Estuari,” terangnya.

Setakat ini, lanjutnya, Balai Wilayah Sungai (BWS) Kepri yang melakukan kajian tersebut sedang berusaha untuk merealisasikan rencana itu. BWS Kepri, kata dia, tidak hanya melakukan kajian, namun, akan melaksanakan pembangunan Dam Estuari Dompak.

”Hal itu baru bisa terwujud setelah sepanjang lahan untuk pembangunan dam itu telah dibebaskan Pemprov Kepri,” ujarnya.(ZULFIKAR)

About kherjuli

PRESIDEN AIR

Posted on Maret 9, 2016, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: