Lanud Tanjungpinang Canangkan Gerakan Tanam Sirih


Sumber : Tanjungpinang Pos

TANAM POHON: Wali Kota Tanjungpinang menanam pohon di Markas Lanud Tanjungpinang. Dalam penanaman pohon ini, dicanangkan gerakan penanaman 1.000 sirih.  f-adly/tanjungpinang pos

Tanjungpinang – Anda, mungkin tahu tanaman sirih? Biasanya, disajikan saat upacara persembahan menyambut tamu. Namun, dimana sajakah tanaman itu didapatkan?

Untuk melestarikan tanaman sirih itu, Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Tanjungpinang mencanangkan gerakan tanam sirih yang dimulai Rabu (10/9) di lingkungan Markas Lanud Tanjungpinang di Batu 12.

Terobosan itu dinamai Gerakan Tanam 1000 Sirih. Rencananya, seribu sirih itu akan ditanam di berbagai tempat, mulai dari lingkungan masyarakat, sekolah dan perumahan anggota Lanud Tanjungpinang.

“Gerakan tanam 1000 sirih ini sebagai rangsangan kepada masyarakat dan pemerintah untuk mengenal flora yang merupakan identitas Kepri ini,” kata Komandan Lanud Tanjungpinang, Letkol Pnb. Hendrayansyah, di sela penanaman sirih.

Hendrayansyah mengatakan, penanaman sirih diharapkan akan membangkitkan semangat adat istiadat dan kebudayaan yang ada di Kota Tanjungpinang. Di lain sisi, sirih juga diketahui merupakan tumbuhan yang memiliki khasiat multi guna.

“Kita menanam sirih ini karena bisa digunakan apa saja, seperti seremonial adat istiadat, untuk kesehatan juga bagus,” tuturnya.

Lalu, Hendrayansyah menceritakan ide awal penanaman sirih itu. Ternyata, awalnya ide itu muncul dari perbincangannya dengan Ikatan Keluarga Besar Alumni SMPN 3 Tanjungpinang.

“Kemarin kita sempat berdiskusi bersama mereka. Mereka sempat berpikir, kita punya ikon tanaman khas Kepri, tapi namanya tidak terlalu memasyarakat. Setelah itu, kita melakukan pertemuan lagi untuk mendapatkan bibit sirih itu. Akhirnya, mereka siap untuk menyiapkan bibit sirih itu,” tutur Hendrayansah.

Selain sirih, kata Hendrayansah, anggotanya juga menyiapkan berbagai jenis tanaman seperti pohon Tanjung, Pinang, Tembesi, Palem, Bintaro dan banyak lagi lainnya. Untuk menyukseskan gerakan itu, akan dilakukan sosialisasi ke sekolah di berbagai tingkatan, mulai SMA hingga SD. Menurutnya, tidak semua pelajar mengetahui tentang flora identitas Kepri.

“Kita akan lakukan sosialisasi ke semua sekolah yang ada di Tanjungpinang supaya membangkitkan semangat untuk melestarikan sirih ini,” jelasnya.

Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah yang ikut hadir saat itu memberikan apresiasi kepada Lanud Tanjungpinang yang telah membuat gerakan yang positif sebagai pembangkitan semangat masyarakat Kota Tanjungpinang untuk sadar flora identitas Kepri.

“Pemerintah kota Tanjungpinang sangat mengapresiasi gerakkan ini,” kata Lis.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah, Sekretaris daerah kota Tanjungpinang, Riono, Badan Lingkungan Hidup (BLH) kota Tanjungpinang dan BLH Provinsi. Gerakkan ini juga bekerjasama berbagai Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang ada di kota Tanjungpinang. (abh)

About kherjuli

PRESIDEN AIR

Posted on Maret 8, 2015, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: