Peringati Hari Bumi, Mahasiswa Memungut Sampah


Sebanyak 14 orang yang tergabung dalam Mahasiswa Pencinta Alam (Mahapala) Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) melakukan aksi memungut sampah dari Lapangan Pamedan, Jalan Engku Putri, Jalan Pemuda, kembali ke Lapangan PamedanLingkungan Sehat adalah HAM

TANJUNGPINANG (HK) – Sebanyak 14 orang yang tergabung dalam Mahasiswa Pencinta Alam (Mahapala) Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) melakukan aksi memungut sampah dari Lapangan Pamedan, Jalan Engku Putri, Jalan Pemuda, kembali ke Lapangan Pamedan, Selasa (22/4).
Aksi tersebut dilakukan untuk memperingati Hari Bumi Sedunia yang jatuh pada Selasa 22 April. Selain itu juga bermaksud memberi pesan kepada masyarakat agar selalu menjaga dan merawat bumi.

Koordinator aksi, Jonathan Sembiring merasa prihatin karena kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan masih rendah. “Hampir setiap hari orang dengan sesuka hati membuang sampah di sembarang tempat,” ujarnya.

Di Hari Bumi ini, ia mengharapkan masyarakat Kota Tanjungpinang dapat menjaga, merawat, dan menata lingkungannya. Karena menurutnya harus dirawat sebagai warisan bagi generasi yang akan datang.

Sementara itu, Direktur LSM Air, Lingkungan dan Manusia (Alim), Kherjuli mengatakan, tema Hari Bumi tahun ini adalah green city yaitu konsep kota yang berwawasan lingkungan.

“Kita mengajak pemerintah untuk menata ruang supaya hijau, teduh, asri dan nyaman. Karena lingkungan yang baik dan sehat itu (adalah) hak asasi manusia,” ujarnya.

Kherjuli melanjutkan, semakin hari kebutuhan akan lahan terus meningkat. Hal itu menyebabkan banyak pohon yang hilang. Untuk itu, ia meminta komitmen Pemerintah Kota Tanjungpinang untuk melakukan penataan kota secara komprehensif sesuai dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).

Namun ia mengakui bahwa Kota Tanjungpinang telah memiliki ruang terbuka hijau yang memadai yang merupakan salah satu konsep menuju kota berwawasan lingkungan.

“Tapi, kalau dilihat dari fungsi ruang terbuka hijau, harus ditata lagi supaya asri dan indah,” ujarnya memberi saran.

Pria yang dikenal sebagai Presiden Air ini berencana melakukan Road Show ke seluruh kantor media massa untuk membagikan sirih bersama siswa SDN 004 Tanjungpinang Timur.

“Kita akan ke kantor Haluan Kepri, Tribun Batam, Batam Pos, Tanjungpinang Pos, dan RRI untuk memberikan sirih. Dengan tujuan untuk menggugah kesadaran masyarakat supaya bisa lebih peduli dengan lingkungan,” tuturnya. (cw77)

About kherjuli

PRESIDEN AIR

Posted on Agustus 16, 2014, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: