BLH Tanjungpinang Targetkan 4 Sekolah Ikut Adiwiyata Provinsi


TANJUNGPINANG (HK) –  Sebanyak empat sekolah ditargetkan untuk mewakili Kota Tanjungpinang dalam seleksi Adiwiyata Tingkat Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Sampai saat ini sudah 19 sekolah yang mengirimkan berkas verifikasi ke Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Tanjungpinang.
“Hari ini sudah mulai dilakukan verifikasi untuk memeriksa kesiapan berkas persyaratan,” ujar Kepala BLH Kota Tanjungpinang, Gunawan Grounimo, Jumat (28/3).

Menurut Gunawan, jika semakin banyak sekolah yang berpredikat sebagai sekolah Adiwiyata Nasional, maka semakin besar peluang Kota Tanjungpinang untuk meraih Piala Adipura Kencana. Sebab ada beberapa keunggulan yang dapat dirasakan jika berhasil meraih piala tersebut.

Sejak 24 Maret lalu, BLH menggelar Lomba Kelurahan Bersih Hijau (KBH). Lomba ini dimaksudkan sebagai persiapan menuju penilaian Adipura yang akan dilaksanakan seusai Pemilu.

Dalam lomba ini ada lima aspek penilaian: penilaian pada jalan lingkungan yang mencakup area jalan, ruang terbuka hijau, dan drainase, penilaian selanjutnya di pemukiman yang mencakup area pemukiman, drainase dan ruang terbuka hijau, penilaian terhadap wilayah perkantoran, penilaian terhadap pemilahan sampah dan pengolahan sampah.

Sementara itu Direktur LSM Air Lingkungan dan Manusia (Alim) yang juga termasuk tim pemantau Adipura, Kherjuli mengatakan, Piala Adipura Kencana baru akan diberikan kepada kabupaten atau kota yang telah meraih Piala Adipura tiga kali berturut-turut dan Piala Adiwiyata Nasional atau Mandiri.

“Keunggulannya (bila mendapat Adipura Kencana), selain mendapatkan predikat sebagai kota bersih dan berwawasan lingkungan, juga bisa mendapatkan alokasi anggaran khusus dari pemerintah pusat untuk peningkatan pengelolaan dan pemantauan lingkungan hidup,” ujarnya. (cw77)

About kherjuli

PRESIDEN AIR

Posted on Agustus 16, 2014, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: