Peringati Hari Air, LSM Bagi-bagi Air


LSM ALIM Gelar Peringatan Hari Air Sedunia di SDN 004 Tanjungpinang Timur. f-desi/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Suasana di halaman SDN 004 Tanjungpinang pada Sabtu (22/3) pagi tiba-tiba ramai. Siswa sudah berada di dalam kelas tiba-tiba berkumpul setelah sekitar 40 orang duta lingkungan hidup bersama LSM Air Lingkungan dan Manusia (ALIM) Kepri datang untuk mensosialisasikan dan memperingati Hari Air Sedunia (World Water Day).

Dalam rombongan yang datang ke Sekolah yang beralamat di Jalan DI Panjaitan KM 7, Tanjungpinang tersebut hadir juga anggota Dewan Sumber Daya Air Provinsi Kepri, Zulkifli, SE.

40 Duta Lingkungan Hidup tersebut melakukan berbagai rangkaian kegiatan bersama yang digelar kurang lebih satu jam. Mulai dari pembelajaran mengenai pentingnya air bagi kehidupan, berdoa bersama, pembagian poster, air serta penanaman pohon di lingkungan sekolah tersebut.

 

Siswa menyambut antusias hari air sedunia itu. Tampak antusias mereka untuk bertanya ke para duta air cukup tinggi.
Ketua LSM ALIM, Kherjuli, mengatakan, peringatan hari air sedunia kali ini memang sengaja dirancang berbeda dari tahun sebelumnya.

Bila, tahun sebelumnya turun ke jalan membagikan air, maka kali ini fokus mereka memberikan pembelajaran bagi siswa-siswi.Usai melakukan pembekalan materi yang ringkas dan cukup dipahami, agenda dilanjutkan dengan bagi-bagi air mineral dan penanaman pohon di lingkungan sekolah tersebut.

”Ini sebagai tanda dan ucapan syukur atas adanya air di bumi ini. Sejak dari sekolah dasar, anak-anak sudah diajarkan tentang pentingnya air bagi kehidupan. Maka mereka juga harus mengetahui benar-benar air itu sebagai penunjang kehidupan,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos.

Mengusung tema air adalah sumber energi yang dipublikasikan langsung oleh Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB). Menurutnya, tema tersebut juga sebagai peringatan ke pemimpin pemerintahan bahwa air itu sebagai energi yang tak terpisahkan dari kehidupan ini.

”Artinya, ketersediaan air bersih itu harus menjadi fokus pemerintah dalam menyediakan sumber-sumber untuk dinikmati masyarakat,” katanya.

Sementara, anggota Dewan Sumber Daya Air Provinsi Kepri, Zulkifli, SE, mengatakan, warga Tanjungpinang sampai saat ini masih banyak yang mengeluhkan ketidak tersediaan air bersih untuk dikonsumsi masyarakat.

“Maka, mari bersama-sama sejak dini kita memelihara ketersediaan air di bumi ini,” ungkapnya.

Kepala Sekolah SDN 014 Tanjungpinang Timur, Retno Wati Spd, menyambut baik hal ini, karena sekolah tersebut juga menuju sekolah Adiwiyata yang artinya Sekolah berwawasan lingkungan hidup.

“Kami peduli lingkungan hidup dan sekitar yang diterapkan kepada siswa sedari dini. Sehingga kami sangat senang dengan kedatangan dua narasumber yang sudah akrab juga di sekolah ini,” imbuhnya.

Ia mengenal Kherjuli yang juga sebagai pemberi semangat, ide-ide, arahan, saran dan kritik untuk membangun sekolah SD 004 menuju sekolah Adiwiyata. Dari kerja kerasnya juga kini sekolah ini sudah bisa merasakannya.Saat ini, SD 004 sudah memiliki Tanaman Obat Keluarga (Toga) yang dapat hasilnya bisa digunakan dan sebagai bahan pembelajaran siswanya.

Serta, adapula tanaman berbagai macam jenis sayur yang dapat dipanen dan dijual kepada sesama guru dan walimurid yang mau. Mulai dari sayur kangkung, sawi, terong, bengkuang serta banyak lagi lainnya.

“Ada peran aktif yang dilakukan beliau di sekolah ini sudah bisa dirasakan yang bekerjasama dnegan tim sekolah,” ungkapnya.
Tentunya dalam menyambut Hari Air Sedunia kali ini, menjadi momen mengingat kembali bahwa air adalah energi bagi kehidupan.***

About kherjuli

PRESIDEN AIR

Posted on Maret 28, 2014, in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: