Walikota Tanjungpinang : Belum Saatnya Status Bencana


Waduk Sei PulaiKekeringan di Tanjungpinang

TANJUNGPINANG (HK) – Walikota Tanjungpinang Lis Darmansyah menyatakan bahwa belum saatnya Tanjungpinang ditetapkan status bencana kekeringan.

“Belumlah, kalau untuk penetapan status bencana itu beda. Penetapan status bencana itu kalau kita tidak mendapatkan sumber-sumber air lainnya,” ujar Lis menanggapi permintaan sebagian masyarakat untuk menetapkan status bencana kekeringan di Kota Tanjungpinang, Kamis (6/3) lalu.

Di Tanjungpinang, kata Lis, masih ada sumber air yang mampu mencukupi kebutuhan air masyarakat contohnya di Sebauk. “Di sana ada sumber air tapi lokasinya jauh. Untuk seluruh warga Kota Tanjungpinang mungkin cukup. Jadi belum termasuk dalam kategori bencana,” tukasnya.

Sementara Direktur LSM Alim Kherjuli mengatakan, penetapan status bencana merupakan wewenang pemerintah. “Yang menetapkan bencana atau tidak adalah Kepala Daerah. Sebagai mitra pemerintah, kami sudah menyampaikan masukan terkait waspada bencana kekeringan,” tuturnya, Minggu (9/3).

Menurut Kherjuli, sebenarnya yang dibutuhkan warga adalah air bukan status bancana. Namun, salah satu tujuan penetapan bencana adalah untuk memaksimalkan bantuan air kepada warga. Juga agar ada dasar pertimbangan penyaluran air ke masyarakat dan jaminan kualitas air yang layak dikonsumsi.

Terkait sumber air di Tanjung Sebauk, Kherjuli mengatakan, baku mutu air di sumber air itu harus terlebih dulu diuji oleh badan terkait. “Harus ada kajian, izin pemanfaatan air dan sebagainya. Hal itu tidak gampang. Bisa menjadi gampang kalau sudah dalam keadaan memaksa atau bencana,” imbuhnya.

Kherjuli juga menyinggung, bantuan air yang diberikan pemerintah untuk mengatasi masalah air di Ibukota Provinsi Kepri masih jauh dari maksimal. “Mungkin lebih maksimal bantuan yang diberikan oleh beberapa organisasi kepemudaan ketimbang dari Pemko dan PDAM,” tuturnya. (cw77)

About kherjuli

PRESIDEN AIR

Posted on Maret 12, 2014, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: