Debit Air Sei Pulai Tinggal 70 Cm


Sumber :  HALUAN KEPRI  : Rabu, 05 March 2014 00:00

Direktur Perusahaan Dasar Air Minum (PDAM) Tirta Kepri Abdul Kholik mengatakan persediaan air di Waduk Sei Pulai menurun drastis selama musim kemarau. Debit air di waduk kini tinggal 70 sentimeter dari dasar waduk. Setiap Hari Menyusut 5-10 Cm

TANJUNGPINANG (HK) – Direktur Perusahaan Dasar Air Minum (PDAM) Tirta Kepri Abdul Kholik mengatakan persediaan air di Waduk Sei Pulai menurun drastis selama musim kemarau. Debit air di waduk kini tinggal 70 sentimeter dari dasar waduk.
“Karena kemarau yang berkepanjangan, saat ini waduk memiliki kedalaman air hanya 70 sentimeter. Tapi itu baru pengukuran dari mistar yang berada di pinggiran waduk,” ujarnya, Selasa (4/3) kemarin.

Dijelaskannya, saat ini waduk yang memiliki luas 60 hektar dan kedalaman empat meter ini setiap hari terjadi penyusutan air sebanyak 5-10 sentimeter.  Untuk mencegah tersedotnya lumpur ke dalam pompa yang dialirkan ke rumah warga, pipa penyedot akan dipindah ke titik terdalam. “Jadi persediaan air tetap bisa dipenuhi,” ujarnya.

Saat ini, kata dia, pendistribusian air ke warga telah memasuki level empat. Artinya, PDAM melakukan pengurangan kapasitas distribusi. Sebelumnya, penyaluran dilakukan tiga hari sekali. “Tergantung daerahnya juga,” paparnya.

Waduk Sei Pulau, kata Kholik, adalah satu-satunya waduk yang menjadi tumpuan masyarakat Tanjungpinang lantaran Waduk Sei Gesek masih dalam tahap penyempurnaan. Karena itu pengurangan dilakukan agar persediaan air dapat bertahan lebih lama.

About kherjuli

PRESIDEN AIR

Posted on Maret 8, 2014, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: