Tanjungpinang Harus Tetapkan Status Bencana


SUMBER :  HALUAN KEPRI  : RABU, 26 FEBRUARY 2014 00:00

Kekeringan yang melanda Kota Tanjungpinang dinilai sudah masuk dalam kategori bencana.Kekeringan Terparah dalam Sejarah

TANJUNGPINANG (HK) – Kekeringan yang melanda Kota Tanjungpinang dinilai sudah masuk dalam kategori bencana.

Ketua LSM Air, Lingkungan dan Manusia (Alim) Kepri Khairjuli meminta pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tanjungpinang untuk segera menetapkan status bencana.

“Data dari BMKG, Tanjungpinang kini mengalami kemarau terpanjang. Mestinya, parameter yang digunakan adalah cadangan air di waduk Sei Pulai dan Sei Gesek yang semakin menipis, sumur-sumur warga yang kering serta data BMKG,” ujarnya kepada Haluan Kepri, Selasa (25/2).


Khairjuli juga mengatakan, ketentuan Standar Operasional Prosedur (SOP) penggunaaan air baku untuk air minum yang boleh disedot adalah 70 persen dari total ketersediaan air di dalam waduk. Sedangkan 30 persen sisanya untuk cadangan menjaga daya dukung lahan. Dengan kata lain, tidak boleh disedot sampai kering kecuali dalam keadaan terpaksa.

Penetapan status bencana sepenuhnya merupakan wewenang Walikota Tanjungpinang. Namun menurutnya, BPBD harus berkoordinasi dengan pihak terkait seperti BMKG. “Kan kalau ada penetapan status dari Walikota, dana darurat dapat digunakan untuk melakukan penanggulangan bencana. Paling tidak dalam status waspada,” tukasnya.

Anggaran yang diperoleh, lanjutnya, kemudian dapat digunakan untuk menyalurkan air secara optimal dan maksimal. “Saat ini, untuk memenuhi kebutuhan separuh dari kebutuhan minimal sehari-hari saja belum bisa,” ucapnya.

Untuk itu, Khairjuli mengajak BPBD dan BMKG Tanjungpinang untuk membicarakan solusinya. Pihaknya akan mengadakan talk show besok di RRI pukul 08.00 WIB untuk membahas perihal bencana kekeringan bersama masyarakat. (cw77)

About kherjuli

PRESIDEN AIR

Posted on Februari 27, 2014, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: