SMAN 1 Tanjungpinang Raih Adiwiyata Nasional


Sumber : Haluan Kepri

SMA Negeri 1 Tanjungpinang berhasil meraih penghargaan Adiwiyata Nasional dari Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) dan Kementrian Pendidikan Nasional.TANJUNGPINANG (HK) – SMA Negeri 1 Tanjungpinang berhasil meraih penghargaan Adiwiyata Nasional dari Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) dan Kementrian Pendidikan Nasional.

Penyerahan penghargaan tersebut diserahkan secara langsung oleh Walikota Tanjungpinang Lis Darmansyah di dampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tanjungpinang (Disdikbud), HZ Dadang AG di Lapangan SMA Negeri 1 Tanjungpinang, Selasa (24/12) lalu.

Keberhasilan SMAN 1 meraih penghargaan  sekolah Adiwiyata Nasional, karena upayanya dalam menciptakan kesadaran dan pelestarian lingkungan sekolah yang diterapkan dalam kurikulum yang berbasis lingkungan hidup sehat. Penghargaan inimenjadikan SMAN 1 Tanjungpinang sebagai satu-satunya sekolah peraih penghargaan Adiwiyata Nasional di Provinsi Kepulauan Riau.

Pada kesempatan itu Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah mengatakan SMAN 1 Tanjungpinang perlu menjadi sekolah percontohan terhadap sekolah lain yang ada di Tanjungpinang.”Kita berharap tidak hanya SMAN 1 yang peduli terhadap lingkungan sehat. Semua sekolah juga harus terapkan hal yang sama,” ujar, Lis Darmansyah.

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Tanjungpinang, Gunawan Grounimo menjelaskan, SMAN 1 Tanjungpinang merupakan satu-satunya sekolah yang berprestasi meraih penghargaan Adiwiyata Nasional. Disamping menurutnya, ada sebanyak 12 sekolah lain yang menerapkan Sekolah Adiwiyata namun tidak tertutup kemungkinan sekolah lain juga akan menyusul.

Pada saat yang sama Kepala Disdikbud Kota Tanjungpinang, HZ Dadang AG mengutarakan, penilaian Adiwiyata tidak hanya penampilan fisik saja. Point penting adalah terintegrasinya mata pelajaran lingkungan kepada anak-anak di sekolah.  Sementara Kepala SMAN 1 Tanjungpinang, Imam Syafii, mengakui tahun lalu sekolahnya telah mendapatkan penghargaan sekolah terbersih tingkat provinsi, kali ini kembali penghargaan berbasis Adiwiyata Nasional.

Ditempat terpisah Direktur Air, Lingkungan, dan Manusia (Alim) Provinsi Kepri, Kherjuli menyampaikan, Adiwiyata merupakan salah satu syarat untuk mendapatkan adipura kencana.

“Kalau nantinya kita dapat Adipura maka ini berpotensi untuk mendapatkan Adipura Kencana. Keunggulan Adipura Kencana yaitu ada reward dari Pemerintah pusat berupa anggaran untuk menunjang pengelolaan sarana dan prasarana lingkungan di daerah tersebut,” ujar. Kherjuli yang juga merupakan salah satu tim penilai Adipura.

About kherjuli

PRESIDEN AIR

Posted on Januari 18, 2014, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: