Wako Tanjungpinang Perintahkan Selidiki Penimbunan DAS di KM 7


Sumber : HALUAN KEPRI,  SABTU, 07 DECEMBER 2013 00:00
935987_4940230442247_1789005301_n

Photo : Kherjuli

TANJUNGPINANG (HK)- Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Tanjungpinang menerima perintah langsung dari Walikota Tanjungpinang Lis Darmansyah, guna menyelidiki siapa oknum yang sengaja menimbun daerah aliran sungai di Jalan Peralatan atau KM 7. Kemarin (6/12), tim dari BLH Tanjungpinang turun ke lokasi mencari informasi dan meninjau DAS yang  berpotensi menjadi titik banjir baru di Tanjungpinang itu.

“Tadi sudah saya instruksikan kepada petugas untuk memantau langsung lokasi yang ditimbun itu,” kata Kepala BLH Kota Tanjungpinang Gunawan, saat dihubungi kemarin.

Gunawan juga menyampaikan, selain memantau lokasi DAS yang ditimbun, petugas juga melakukan pemeriksaan terkait kerusakan yang ditimbulkan akibat penimbunan tersebut.

“Selain mendata kerusakan, kami juga akan mengkoordinasikan tindakan selanjutnya ke dinas terkait. Dalam hal ini adalah Dinas KP2KE untuk menentukan langkah selanjutnya,” ucapnya.

Terkait penimbunan DAS di KM 7 itu, kata dia, BLH juga mendapatkan instruksi langsung dari Walikota agar segera menindak pelaku penimbunan.

“Walikota yang memerintahkan langsung untuk menyelidiki hal ini. Setelah kita mendapatkan data tentang kerusakan dan siapa pemilik lahan tersebut, kita akan melaporkan secara tertulis kepada Walikota Tanjungpinang. Tentunya hal ini setelah melakukan koordinasi dengan Dinas KP2KE,” terang Gunawan.

Sebelumnya, aktifis lingkungan dari Air Lingkungan Hidup dan Manusia (ALIM) Provinsi Kepri Khaerjuli mengatakan, lahan yang ditimbun di Jalan Peralatan itu merupakan DAS. Apabila penimbunan terus dilakukan, maka akan menyebabkan banjir.

“Lokasi itu merupakan tempat aliran air dari hulu ke hilir. Ditambah lagi di tempat tersebut ada palung. Jika terus ditimbun, maka aliran air akan tersendat. Sehingga bila musim hujan, air bisa meluber ke jalan,” ujarnya Kamis (5/12).

Berdasarkan telaah yang dilakukan selama ini, kata dia, lokasi penimbunan di Jalan Peralatan merupakan satu kesatuan dengan tempat aliran sungai di Jalan Sidoarjo dan Jalan Cendrawasih. Untuk itu, ALIM mendesak Pemko Tanjungpinang segera melakukan tindakan sebelum munculnya titik-titik baru penyebab banjir di Tanjungpinang. (cw77)

About kherjuli

PRESIDEN AIR

Posted on Desember 9, 2013, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: