Cintai Pohon dan Tindak Pelaku Penjarah Hutan


HMPI 2013 (2)

Kherjuli, pada Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) 2013 di STIKES Tanjungpinang, Kamis 28 November 2013.

HARI MENANAM POHON INDONESIA (HMPI) 2013 di Tanjungpinang.

Tidak mau ketinggalan, LSM ALIM Kepri juga melaksanakan beberapa kegiatan sempena Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) yang dilaksanakan setiap tanggal 28 November. Tahun 2013 ini, LSM ALIM Kepri menjadi salah satu Narasumber dalam dialog interaktif yang ditaja RRI Tanjungpinang. Hadir juga dalam dialog interaktif tersebut antara lain Suroso dari Dinas Kehutanan dan Perkebunan Provinsi Kepri dan Zulhidayat dari Dinas KP2E Kota Tanjungpinang.

Dialog interaktif dilaksanakan di studio RRI Tanjungpinang pada hari Rabu 27 November 2013, mulai pukul 08.00 wib sampai dengan pukul 09.00 wibb yang dipandu reporter RRI Nova.

Dalam dialog tersebut, LSM ALIM menudukung penanaman 1 milyar pohon yang dicanangkan Presiden SBY. “Bila perlu jumlahnya ditingkatkan lagi. Tetapi, harus benar-benar ditanam pada lokasi-lokasi yang sangat strategis seperti hutan lindung, lahan kritis, ruang publik dan tempat-tempat yang memerlukan penghijauan, penataan air dan peneduh. Pohon-pohon yang ditanam harus dirawat dan dipelihara agar tumbuh. Jangan setelah ditanam kemudian dibiarkan mati. Itu perbuatan sia-sia” kata Kherjuli, Ketua LSM ALIM Kepri.

“Secara kwantitatif, jumlah pohon yang ditanam saat ini tidak sebanding dengan pohon-pohon yang telah ditebang atau mati. Telah terjadi deforestasi hutan yang sangat luar biasa. Untuk itu, kami sangat mendukung program Pemerintah ini asalkan tepat sasarannya”.

LSM ALIM Kepri akan ikut dalam program penanaman pohon yang ditaja Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kepri bersama Pemko Tanjungpinang, Lantamal IV Tanjungpinang dan segenap stakeholder. Penanaman pohon itu sendiri akan dilaksanakan pada hari Kamis 28 November di STIKES jalan baru batu 8 Tanjungpinang.

Disamping itu, LSM ALIM Kepri juga akan melakukan edukasi kesekolah-sekolah dalam rangka menumbuhkankembangkan budaya menanam pohon dikalangan pelajar. Selain edukasi, sejumlah pohon seperti Gaharu, Tanjungpinang, Pinang, Palm dan Mangga telah disiapkan untuk ditanam bersama murid dan guru-guru.

“Insya Allah, kami akan menanam di SDN 005 Tanjungpinang Barat dan SMPN 10 Bukit Bestari Tanjungpinang”, kata Kherjuli

Penanaman pohon sebaiknya disejalankan dengan sikap tegas Pemerintah untuk menindak para pelaku penjarah hutan. Harus ada ketegasan Pemerintah terhadap hutan bakau yang kian punah. Aparat penegak hukum juga diminta jangan diam. Tindak para pelaku penjarah hutan bakau yang melanggar aturan. Kalau tidak, deforestasi hutan akan sulit ditekan.

About kherjuli

PRESIDEN AIR

Posted on Desember 8, 2013, in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: