Kantong Semar, Pohon Yang Dapat Mempererat Siraturahim


Kantong Semar (5)

Kantong Semar, milik Kherjuli. Photo : Rosita Kheiriah

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mempererat tali siraturahim. Salah satunya lewat POHON. Yaitu dengan memberikan pohon secara sukarela kepada teman atau orang-orang yang membutuhkannya. Tentu pohon tersebut untuk dirawat, dipelihara supaya tumbuh subur sebagaimana mestinya.

Kali ini, kami menawarkan pohon Kantong Semar, yaitu salah satu jenis pohon Carnivora. Pohon yang dikenal pemakan serangka yang hidup didaerah kering (tidak terlalu memerlukan air). Dalam bahasa latin, Kantong semar dikenal dengan nama Genus Nepenthes, dalam bahasa Inggris  Tropical pitcher plant).

Kantong Semar (4)

Kantong Semar milik Kherjuli. Photo : Rosita Kheiriah

Kantong Semar termasuk dalam familia monotipik, terdiri dari 130 spesies dan belum termasuk hibrida alami maupun buatan. Genus ini merupakan tumbuhan karnivora di kawasan tropis Dunia Lama, kini meliputi negara antara lain MalaysiaFilipinaMadagaskar Indonesia, Cina bagian selatan, Indochina,  bagian barat, SeychellesKaledonia BaruIndiaSri Lanka, dan Australia. Habitat dengan spesies terbanyak ialah di pulau Borneo dan Sumatra.

Kantong Semar (3)

Kantong Semar milik Kherjuli. Photo : Rosita Kheiriah

Gambar diatas adalam pohon Kantong Semar yang tumbuh diatas laha kami, di jalan Ganit Tanjungpinang, Pulau Bintan Kepulauan Riau, Indonesia. Saat ditemukan, cuaca dan iklim di kota Tanjungpinang cukup panas. Dilokasi ditemukan pohon tersebut terlihat tandus dan kering. Lokasi lahan kami berada diketinggian (bukit) dari permukaan laut,

Tumbuhan ini dapat mencapai tinggi 15-20 m dengan cara memanjat tanaman lainnya, walaupun ada beberapa spesies yang tidak memanjat. Pada ujung daun terdapat sulur yang dapat termodifikasi membentuk kantong, yaitu alat perangkap yang digunakan untuk memakan mangsanya (misalnya serangga,pacet, anak kodok) yang masuk ke dalam.

Bagi teman-teman yang berminat, silakan datang ke Bank Pohon kami dan langsung angkat dan bawa pulang. Cepat ya, jangan sampai sudah habis baru datang. Salam Pohon.

About kherjuli

PRESIDEN AIR

Posted on September 3, 2013, in Uncategorized and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: