Bukan Hujan Buatan, Tapi Modifikasi Cuaca


HAD 2012 2Hujan turun membesarkan hati kami yang sejak beberapa minggu terakhir mengharap curahannya. Demikian pula dengan tumbuh-tumbuhan di sekitar rumah dan kampung ini. Sumur dan tanah didalamnya akan menadah tumpahan air yang berasal dari langit itu dengan sabar. Seberapapun intensitasnya. Tetap akan ditadah dan ditampung dengan aman.

Meskipun tanda-tanda deras sudah kelihatan didepan mata sejak tadi… Mendung sudah hampir mengelilingi pandangan. Cerah sudah semakin habis. Gelap, pekat telah membentang diatas langit. Tapi, hanya Allah yang bisa menentukan jatuhnya air hujan itu ditempat yang Dia tentukan. Termasuk, jumlah dan intensitas curah hujan itu. Hanya Allah yang mengetahuinya.

Alhamdulillah.. hujan turun juga dengan sekejab. Hanya membasahi dedaunan kering. Belum bisa diserap tanah. Apalagi ditampung oleh sumur untuk disedot airnya buat Mandi Cuci Kakus (MCK)… Tapi, itulah berkah. Bukan dari jumlahnya saja tetapi dari keyakinan kita yang tidak berubah. Bahwa sesungguhnya, hanya Allah yang menentukan tempat dan kadar hujan itu. Kepada siapa yang Dia kehendaki, disitulah air hujan diturunkan. Allah maha berkehendak.

Dengan demikian, maka hujan buatan adalah sebuah istilah yang jangan dimaknai bahwa hujan bisa dibikin oleh manusia. Tidak. Manusia hanya berusaha melakukan modifikasi cuaca namun Allah yang menentukan kapan, dimana, kepada siapa dan dimana hujan itu diturunkan.

Maka, mulai dari  sekarang, istilah hujan buatan itu harus kita ganti dengan istilah dengan makna yang sempurna. Mulai sekarang, tidak ada lagi istilah hujan buatan. Tetapi yang ada hanya MODIFIKASI CUACA.

About kherjuli

PRESIDEN AIR

Posted on September 1, 2013, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: