LSM ALIM Bagikan Air dan Masker


Sumber : Tanjungpinang pos : iposting oleh  pada 24 June, 20130 Comment

 MASKER: Pengendara diberi masker dan air mineral. f-ASTU/tanjungpinang pos

MASKER: Pengendara diberi masker dan air mineral.
f-ASTU/tanjungpinang pos

Kabut asap yang menyelimuti kota Tanjungpinang beberapa hari ini membuat Hj. R. Syahniar Usman prihatin. Keprihatinan itu diakuinya muncul setelah mengamati kondisi udara yang cenderung memburuk.

“Jarak pandang sudah tidak seperti biasanya. Terhadang asap di sana-sini,’’ kata Hj R Syahniar Usman kepada Tanjungpinang Pos, akhir pekan lalu.Keprihatinannya itu semakin bertambah ketika mengetahui bahwa kualitas udara di Kota Batam sudah berada diatas ambang baku mutu.

“Saya tahu dari koran Tanjungpinang Pos. Ada imbauan resmi yang dikeluarkan Pemko Batam kepada warganya untuk menggunakan masker,’’ tegas anggota DPRD Provinsi Kepri itu.

Walau belum ada imbauan serupa yang dikeluarkan oleh Pemko Tanjungpinang untuk warganya, Syahniar Usman percaya kalau kualitas udara di Kota Tanjungpinang pun kian menurun.

“Tanpa menunggu, Saya minta Kherjuli, Direktur LSM Air, Lingkungan dan Manusia (ALIM) Kepri untuk segera membagikan masker kepada warga Tanjungpinang secara cuma-cuma. Saya minta agar lansia, ibu hamil dan anak-anak yang berpergian dengan sepeda motor diprioritaskan,’’ tambahnya.

Memang, lanjutnya, penyakit ISPA atau gangguan pernafasan yang ditimbulkan oleh asap itu dapat menyerang siapa saja. Tetapi tentu tidak ada salahnya bila didahulukan kelompok rentan.

Sementara itu, Direktur ALIM Kepri, Kherjuli mengutuk keras pelaku pembakaran hutan di Sumatera. Menurutnya ada jutaan orang yang terkena dampak dari perilaku buruk itu.

Ia menambahkan, membakar hutan merupakan perbuatan melanggar hukum dan hak asasi manusia.

“Mestinya udara yang kita irup saat ini bersih dan segar. Namun kenyataannya terbalik. kotor dan berbahaya bagi kesehatan,’’ tegasnya.

Di Bundaran Pamedan A. Yani, akhir pekan lalu, Kherjuli terlihat gelisah saat diwanwancarai wartawan.
Matanya sesekali memandang pengendara sepeda motor. Ia spontan berlari menuju kearah anak kecil dan langsung memasangkan masker ke mulut dan hidung anak tersebut. Sementara rekan-rekannya membagikan masker dan air minum dalam kemasan botol.

“1000 botol air minum dan 500 masker kami bagikan kepada warga. Ya, kami dahulukan lansia, ibu hamil dan anak-anak,’’ katanya.

Separoh dari jumlah air minum yang ALIM bagikan katanya merupakan bantuan dari salah satu produsen air minum mineral, sebagai wujud Tahun Internasional Kerjasama Air (Interntional Year Water Corparation) Hari Air Dunia 2013. (cr13)

About kherjuli

PRESIDEN AIR

Posted on Juni 26, 2013, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: