BLH Bentuk Kelompok Peduli Lingkungan


Sumber : Tanjungpinang pos.  Diposting oleh  pada 28 May, 20130 Comment
 BERDIALOG: Kepala BLH Pemkab Bintan Patimura (kiri) berdialog dengan masyarakat saat pembentukan kelompok masyarakat peduli lingkungan hidup di Bintan Timur, Senin (27/5). F-YUSFREYENDI/TANJUNGPINANG POS
BERDIALOG: Kepala BLH Pemkab Bintan Patimura (kiri) berdialog dengan masyarakat saat pembentukan kelompok masyarakat peduli lingkungan hidup di Bintan Timur, Senin (27/5).
F-YUSFREYENDI/TANJUNGPINANG POS
Bintim Bentuk 14 Bank Sampah
 
Badan Lingkungan Hidup (BLH) Pemkab Bintan membentuk kelompok masyarakat peduli lingkungan hidup di Bintan Timur, Senin (27/5). Pembentukan kelompok tersebut bertujuan untuk pengelolaan sampah sekaligus pembinaan kepada calon kader dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan masyarakat.

Dalam pembentukan kelompok masyarakat peduli lingkungan di Bintan Timur tersebut dilakukan diskusi tentang permasalahan lingkungan yang terjadi selama ini.

Khusus di Bintan Timur, kelompok masyarakat yang akan menjalankan tugas sebanyak 62 orang. Anggota terdiri dari komponen masyarakat, pengrajin sampah dan perwakilan pengelola bank sampah yang sudah terbentuk.

Kepala BLH Bintan, Patimura, mengatakan, di Bintan Timur sudah terbentuk 14 unit bank sampah. Masing-masing kelompok bank sampah itu telah melakukan usaha daur ulang sampah masyarakat dan pemilahan.

Sampah yang telah dipilah untuk sementara ini ditampung BLH serta dijual kepada pembeli di Tanjungpinang. Beberapa unit bank sampah sudah ada yang membuat usaha kompos seperti yang dilakukan di 2 Sekolah Dasar (SD) dan 5 SMP/SMA yang ada di Bintan Timur.

Melalui pembentukan kelompok masyarakat peduli lingkungan, lanjut Patimura, diharapkan masyarakat bisa mengambil hal yang positif dalam upaya mengelola sampah serta meningkatkan efektifitas fungsi pengawasan terhadap masalah lingkungan hidup.

Kelompok masyarakat peduli lingkungan juga menjadi perpanjang tangan pemerintah dalam memberikan informasi lingkungan serta usaha pemberdayaan yang berkaitan dengan kepedulian lingkungan hidup.

Pada kesempatan lain, panitia pembentukan kelompok masyarakat peduli lingkungan, Agus Riyanto, menambahkan, selain di Bintan Timur, pembentukan juga dilakukan di Kecamatan Toapaya, Selasa (28/5) ini.

Kelompok masyarakat peduli lingkungan akan diberikan bantuan hibah berupa mesin jahit untuk kerajinan sampah, bibit tanaman, tong sampah pemilah, konstruksi rumah kompos dan konstruksi pemanen hujan.(fre)

About kherjuli

PRESIDEN AIR

Posted on Juni 7, 2013, in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: