Penilaian Lomba Kelurahan Bersih di Tanjungpinang Berakhir


RABU, 08 MAY 2013 00:00

Tim BLH memantau kondisi Perumahan Pinang Hijau saat penilaian di Kelurahan Batu IX, Senin (6/5). RUDI YANDRI/HALUAN KEPRITANJUNGPINANG (HK) – Penilaian lomba kelurahan bersih dan hijau yang dilaksanakan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Tanjungpinang resmi berakhir Senin (6/5) lalu. Kegiatan yang dimulai awal Mei ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan.
Penilaian dilaksanakan pada 18 kantor kelurahan di empat kecamatan termasuk akses jalan dan pemukiman warga di wilayah kelurahan masing-masing. Tim penilai diketuai oleh Muhammad Syukri Sp MSi dari BLH Tanjungpinang serta perwakilan LSM, akademisi dan Dinas Tata Kota Tanjungpinang.


Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Elvi Arianti SPt yang juga merupakan Kasubit Pemulihan Lingkungan BLH Tanjungpinang menerangkan, kegiatan ini merupakan agenda tahunan Pemko Tanjungpinang.

“Kelurahan yang berhasil memperoleh nilai tertinggi sesuai dengan kriteria lomba akan mendapatkan uang pembinaan dan piala. Dua tahun lalu, Kelurahan Air Raja berturut-turut memperoleh piala lomba ini. Apabila tahun ini dapat lagi, tentu akan menjadi juara bertahan. Kalau tidak, pialanya akan digilir ke kelurahan lain,” katanya, Selasa (7/5).

Kata Elvi, sejak tanggal 1 smapai 6 Mei lalu, tim juri sudah turun ke lapangan melakukan penilaian di kantor kelurahan, pemukiman warga termasuk akses jalannya di wilayah masing-masing. Harapannya, kepada seluruh masyarakat dapat menjaga kebersihan lingkungannya. Bukan hanya sebatas untuk perlombaan ini saja.

“Mari kita tingkatkan kepedulian terhadap lingkungan dengan menjaga kebersihan, buang sampah pada tempatnya serta menjaga wilayahnya tertib, aman dan asri. Menjaga lingkungan bukan hanya sewaktu perlombaan saja, melainkan diterapkan pada kehidupan sehari-hari,” kata dia.

Muhammad Syukri selaku Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Limbah Domestik B3 BLH Tanjungpinang mengatakan, sebelum melakukan penilaian lomba, tim penilai sudah menginformasi kepada seluruh kelurahan se-Tanjungpinang. Akan tetapi, kapan waktunya tim penilai turun ke lapangan, mereka tidak mengetahuinya.

“Yang kita nilai itu pertama di kawasan perkantoran lurahnya. Komponen yang kita nilai, ruang terbuka hijaunya, area perkantoran, kamar mandi, drainase dan tong sampah. Kita juga mengecek kelurahan apakah mereka juga membuat program pengomposan sampah. Bukan hanya itu, kawasan pemukiman dan akses jalan juga dinilai dan komponen yang dinilai sama dengan perkantoran,” ungkap Syukri.

Hasil penilaian akan diumumkan tanggal 10 Juni mendatang yang disejalankan dengan peringatan hari lingkungan hidup. “Termasuk para pemenangnya juga kita umumkan pada saat itu. Kita berharap, masyarakat Tanjungpinang dapat menjaga lingkungannya agar bersih, nyaman dan indah. Karena, banyak manfaat yang akan dirasakan masyarakat dan tentunya kita semua sehat,” ujarnya. (yan)

Sumber : Haluan Kepri

About kherjuli

PRESIDEN AIR

Posted on Mei 8, 2013, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: