Sekilo Gubal Gaharu Rp120 Juta


Sumber : Tanjungpinang Pos : Diposting oleh  pada 1 May, 20130 Comment

  TELATEN: Kherjuli di tengah kebun gaharunya. Sebelum usia 7 tahun, bibit tanaman ini butuh ketelatenan ekstra.

TELATEN: Kherjuli di tengah kebun gaharunya. Sebelum usia 7 tahun, bibit tanaman ini butuh ketelatenan ekstra.

Tanaman Bahan Wewangian Bisa Tumbuh di Tanjungpinang

Kebun gaharu ini terletak di Jalan Nuri Lorong Merpati. Hamparan bibit gaharu ini membentang di atas lahan yang berada persis di depan rumah pemiliknya, Kherjuli. Menurut lelaki yang juga aktif dengan kegiatan menjaga lingkungan ini mulai menanam gaharu belum genap setahun.

Selain melindungi pohon dari kepunahan, Kherjuli menanam gaharu karena gupalnya bernilai ekonomi tinggi. Satu kilogram gupal gaharu bisa dijual hingga Rp120 juta. Gubal adalah kayu gaharu yang terinfeksi. Gubal gaharu yang berkualitas rendah pun laku di pasaran untuk disuling menjadi minyak. Sementara daunnya dapat dimanfaatkan untuk teh gaharu.

Negara potensial pemakai gaharu adalah Saudi Arabia, Kuwait Yaman, United Emirat, Turki, Singapura, Jepang, dan Amerika. Kebutuhan gaharu dari tahun ke tahun terus meningkat berbanding lurus dengan harganya.

“Indonesia merupakan penghasil gaharu terbesar di dunia,” tutur Kherjuli yang ditemui di kebunnya, pekan lalu.

Gupal gaharu, jelas Kherjuli, bisa dipakai untuk bahan dasar pembuatan sabun, aroma dan wangi-wangian lain. Wewangian ini salah satunya dipakai oleh warga Tionghoa untuk sembahyang dan acara tradisional lainnya.

Diakui olehnya, menanam gaharu membutuhkan kesabaran ekstra. Apalagi jika petani memilih menanam dari bibit, harus rajin mengecek serta mengenali penyakit yang kemungkinan menyerangnya sehingga gubal takan akan terbentuk dengan sempurna.

“Dari biji menjadi bibit kecil dibutuhkan waktu sekitar 30 hari,” jelas Kherjuli.

Beruntung iklim Tanjungpinang mendukung pertumbuhan pohon ini. Namun demikian, bibit gaharu harus selalu diawasi. Masa rentan bibitnya ialah hingga tujuh bulan. Ia tak boleh diletakkan di tempat yang terbuka, tak boleh terkena sinar matahari langsung. Setelah tujuh bulan barulah bisa dipindahkan ke lahan terbuka.

Justru di usia tujuh bulan tingkat kematian gaharu bisa meningkat. Karena bisa jadi pohon sulit beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Di Kepri, kebun gaharu sudah terlebih dahulu ada di Kabupaten Lingga, tepatnya di Pulau Penuba. Perkebunan di sini sudah ada sejak tahun 2000. Saat ini, Kherjuli menjaga 12 ribu bibit gaharu dengan sabar.

Yang membuat mahal gaharu bukan pohonnya, melainkan gubalnya. Gumpalan gubal gaharu bisa terjadi secara alami juga dengan rekayasa atau buatan. Proses rekayasa mulai dikembangkan untuk mendapatkan gubal gaharu lebih cepat ketimbang menunggu terbentuknya gubal secara alami.

Proses ini dengan memasukkan bahan kimia dan jamur melalui pengeboran serta penyuntikan. Proses ini membutuhkan waktu setahun.

“Jadi inovasi ini tidak perlu menunggu sampai puluhan tahun sebagaimana terbentuknya gubal gaharu secara alami. Dengan rekayasa tiga tahun sudah bisa dipanen hasilnya,” kata Kherjuli.

Proses alami sendiri kadang belum tentu menghasilkan gubal. Gumpalan gubal ini terjadi di dahan, batang, ranting yang terinveksi zat kimia, jamur dan bakteri. Bila memang terjadi gubal, bentuknya lempung. Berbeda dengan pembentukan gubal rekayasa, bentuk dan kualitasnya bagus.

Bahan kimia dan obat rekayasa dibeli Kherjuli dari IPB (Institut Pertanian Bogor). Bentuknya pun bermacam-macam, ada yang seperti batangan dan ada yang berbentuk cairan. Harganya pun relatif, bahkan ada yang hanya Rp10 ribu.

Kherjuli ingin gaharu bisa memasyarakat di Kota Tanjungpinang, khususnya bagi warga yang memiliki lahan kosong. Ia akan dengan senang hati berbagi ilmu untuk warga yang ingin menanam gaharu. Sementara bagi sekolah yang menginginkan penghijauan di lingkungannya, Kherjuli bersedia membantunya.(YUNI ASTUTI)

About kherjuli

PRESIDEN AIR

Posted on Mei 5, 2013, in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 57 Komentar.

  1. salam sukses pak kherjuli..
    saya mencari pembeli/pemborong/buyer pohon gaharu aquilaria malacensisi berumur 6 tahun ada 3000 pohon dengan harga Rp. 5 juta per pohon
    dan umur 12 tahun ada 1500 pohon dengan harga Rp. 6,5 juta per pohon.lokasi di sambas – kalbar
    semoga bapak bisa menemukan buyer untuk saya. terima kasih.

    • sukses buat para petani gaharu di seluruh wilayah Indonesia, bagi informasinya dong buat kami yg belum memahami teknik pembudidayaannya!……

  2. Saya punya kayu gaharu dan galih/ gubalnya, jenis aquilaria malacensis..insyalloh tidak kecewa, smntara masih glondongan untk lbih myakinkan pembeli, saya berminat segra menjualnya,smntara ada 2 kuintal, gubalnya masih didalam glondongan kayu, dan insyalloh kalo ini segra terjual saya mash mmpunyai stok yang super, saya BERNIAT MENJUALNYA SEGERA, BAGI YANG BERMINAT SEGRA HUBUNGI SAYA,
    Hubungi saya.. rudi medan, 082393992448

  3. Salam Agromania

    AGROMANIA INDONESIA FORUM
    http://agromania.indonesianforum.net/
    MEDIA UNTUK SELURUH KOMODITI

    Sehubungan telah berdirinya AGROMANIA INDONESIA FORUM sebagai salah satu media online bertujuan untuk mempermudah perluasanan informasi produk komoditi agrobisnis di indonesia sektor pertanian, perkebunan, perternakan, perikanan, industri. Dan kami mengajak rekan-rekan agrobisnis semuanya untuk bergabung, berpartisipasi dalam forum ini. Silahkan pasang iklan penawaran jual beli produk agrobisnis andalan anda di Agromania Indonesia Forum semoga bermanfaat untuk bisnis anda.

    Silahkan bergabung bersama agromania indonesia forum GRATIS..!

    KUNJUNGI WEBSITE RESMI KITA
    AGROMANIA INDONESIA FORUM
    http://agromania.indonesianforum.net/

    SEMOGA BERMANFAAT UNTUK BISNIS ANDA

    VIDEO cara daftar ke AGROMANIA INDONESIA FORUM

    Fan Page AGROMANIA INDONESIA FORUM :
    http://www.facebook.com/pages/Agromania-Indonesia-Forum/602392089792820

    Group Facebook AGROMANIA INDONESIA FORUM :
    http://www.facebook.com/groups/346042148856388/

    Facebook Admin AGROMANIA INDONESIA FORUM :
    http://www.facebook.com/putra.bahri.37

    Twitter AGROMANIA INDONESIA FORUM :
    https://twitter.com/AgromaniaForum

  4. Saya punya pohon gaharu alam Yg diameternya 40~60 cm.sy mencari perusahaan Yg mau kerja sama dalam pengolahannya.trims

  5. jual inokulan/vaksin/induccer pemacu gubal gaharu, hub. 081226017083

  6. saya jual 1300 pohon gaharu umur 12 tahun diameter 35-45cm di jual Rp.1,5 jut/pohon jika berminat hub 085222440659

  7. PT. ALFREDUTAMA NICO GUSTAV

    saya punya gaharu berumur kurang lebih 90 tahun di hutan di Pulau NIAS ada 48 batang dan yang sudah tubang karena ciupan angin 3 batang alami tidak di inokulasi, saya mau jual dan pohon tersebut yang sdh tumbang sudah saya bawa di depok untuk sempel, terimakasih

    dapat dihub 081295152229, 081310062224 bapak ZEBUA
    Email: pt.alfredutamanicogustav@yahoo.co.id

  8. PT. ALFREDUTAMA NICO GUSTAV

    saya punya gaharu berumur kurang lebih 90 tahun di hutan di Pulau NIAS ada 48 batang dia meter 350 s/d 600 cm dan yang sudah tubang karena ciupan angin 3 batang alami tidak di inokulasi, saya mau jual dan pohon tersebut yang sdh tumbang sudah saya bawa di depok untuk sempel, terimakasih

    dapat dihub 081295152229, 081310062224 bapak ZEBUA
    Email: pt.alfredutamanicogustav@yahoo.co.id

  9. saya ada gaharu 2kg dan kemedangan 2kg. Minat hub. 085641044479

  10. saaya punya ghubal gaharu 1kg gan….minat hub 08983571856..scepate gan..

  11. saya punya gubal ghaharu king super .irian…20kg..dan minyake 10lter..lokasi ponorogo .jatim..minat,hub,,08983571856

    • punya gaharu king super dengan cri berikut?
      warna hitam berkilat,kandungan resin(>95%),dalam bentuk bongkah, ,berat:>100g,keras,kering,tenggelam.
      hubungi saya

      muhammadrifqi939@yahoo.com ;
      089624523594.

      saya punya teman orang malaysia yg akan membeli gaharu anda dengan tunai dan dgn uang us dollar.dan dia juga yang akan langsung menemui anda.
      jika anda berminat silahkan hub saya. dan saya akan memberi no. hp dan email beliau

  12. daripada menanam lebih baik beli saya punya 1200 pohon umur 13 tahun lokasi di kaltim di jual Rp. 1.500.000/pohon hub 085222440659 anto_bunyu@yahoo.com

  13. Gaharu medang beringin stock ±50 kg
    Berminat silahkan hubungi
    HP : 082332359648
    BB : 28C5D7EB
    Witanto ~ Sulteng

  14. mohon kabar harga terkini ,makasih2

  15. Kepada teman-teman yang mempunyai pohon gaharu dan mau berkerjasama inokulasi bisa menghubungi kami. kami juga menjual bibit Gaharu SUBINTEGRA Dr Thailand atau kunjungi
    http://gaharu84.blogspot.com/

  16. assallammuallaikum, saya baru mulai berminat menanam gaharu,tapi lihat posting jor joran tentang harga yang ditawarkan temen2 jadi ragu ni..tolong motivasinya dong bro..

    • wa’alaikumussalam
      harga gaharu Alami memang sangat Fantastik saya pernah menjual gaharu asal aceh super singking waktu itu laku 100 jt kg pada tahun 2012 lalu. Namun untuk budiaya harganya tidak sampai begitu, namun kalau ditinjau dari aspek ekonomi Insya Allah sangat menguntungkan. baru-baru ini teman saya dilampung menjual hasil inokulasi 1.5 tahun laku 3 jt/kg jenis gaharu Aquilaria Malacensis. Sedangkan per pohonnya bisa dapat 6 kg ukuran pohon berdiameter 15-20 cm. tergantung metode dan jenis inokulasi yang kita gunakan. kunjungi juga http://gaharu84.blogspot.com/

  17. alhamdullillah… makasih motivasinya bro…smoga bikin smangat lagi saya..nurazmi dumai

  18. kami bs bekerjasama inokulan gaharu yg di tanam dan alami hubungi kami 081371572574

    • deddymukhsin@yahoo.com

      saya punya 1000 batang gaharu sebagian alami sebagai sengaja di tanam. usia ada yang sudah 40 tahun dan sebagian yang ditanam sekitar 10 tahun. jika berminat bisa hubungi saya di 081280480628 gaharu ada di sumatra

  19. bakrihasibuan99
    @gmail.com

  20. MAU JUAL 400 POHON GAHARU UMUR 11 TAHUN, APAKAH PTSBS BERSEDIA MEMBELI?ATAU HANYA MENJUAL BIBIT?

  21. koreksi…. maksudnya siapa yang mau beli?

  22. HARGA GUBAL GAHARU SEDANG TINGGI , TERUTAMA YANG TENGGELAM , JIKA ADA INFO SEGERA HUBUNGI KAMI DI NO 0853 8875 5788 , TKS

    • weleh weleh kalo beneran aku jadi orang kaya…ha.ha.,galeh kayu garu bagiku cuma bohong…aku dewa garu langsung bisa ambil galeh dari hutan suaka cagar alam…bagi yg bukan pembual silahkan hub 085266614333

    • .Dijual : Pohon Gaharu

      Jenis : Malaccensis

      jumlah : 800 – 1000 Pohon

      Diameter : 20 -25 cm

      Tinggi : 5 – 7 meter
      Usia : 10 Th up
      Lokasi : Jawa Timur
      Harga : Rp 400 Jt nego Per Pohon.

      Dengan pembayaran cash total 800 – 1000 pohon. bilamana pohon tidak

      langsung dipotong oleh pembeli, dan memerlukan waktu perawatan utk

      upgrade, pemilik bersedia memberi waktu smp dengan 6 – 12 bulan.

      في بيع نوع شجرة: رقم أرديسياكوس: “أقطار شجرة” 800-1000: 20-25 سم. ارتفاع: 5-7 م العمر: 10 سنوات حتى موقع: السعر جاوا الشرقية في إندونيسيا: Rp 400 م كل شجرة (يمكن نيجويساسي). مع مبلغ نقدي إجمالي الأشجار 800-1000. عند الشجرة لا يخصم مباشرة من المشتري، ويعتنى بالترقية، أصحاب على استعداد للتخلي عن الوقت مع 6-12 شهرا. مصلحة التليفونات: فجر 085257447386

      ट्री प्रकार की बिक्री में: Ardesiacus संख्या: 800-1000 वृक्ष Diameters: ऊँचाई 20-25 सेमी.: 5-7 एम उम्र: 10 साल के ऊपर स्थान: पूर्वी जावा इंडोनेशिया मूल्य: आरपी 400 मीटर प्रति पेड़ (कर सकते हैं negoisasi)। 800-1000 पेड़ों के एक कुल नकद भुगतान के साथ। जब पेड़ सीधे खरीदार द्वारा काट नहीं रहा है, और देखभाल के उन्नयन के लिए लेता है, मालिकों के समय 6-12 महीनों के साथ ऊपर देने के लिए तैयार कर रहे हैं। ब्याज टेलीफोन: भोर 085257447386

      销售目录树类型: Ardesiacus 号码: 800-1000 棵树直径: 20-25 厘米高: 5-7 米年龄: 10 年向上位置: 印度尼西亚东爪哇价格: Rp 400 米每棵树 (can negoisasi)。800-1000 树木总现金付款。当树不直接扣除由买方,并注意升级时,业主愿意放弃与 6-12 个月的时间。感兴趣电话: 黎明 085257447386

      On sale tree kinds: malaccensis: 800 the number of — 1,000 trees a diameter -25: 20 cm high: 5 and 7 metres age: 10 years up location: east java indonesia prices: rp 400 jt per tree ( can negotiation market ).By the payment of cash total 800 — 1000 trees. When the indirect tree cut by purchasers, and requiring time care for upgrade, the owner of being willing to give it until with 6- 12 months. Interest telephone: dawn 085257447386

  23. Semua Mengaku produk obat mereka yg plng bagus.tapi belum ada yang terbukti hasil dam harga bagus.itu hanya bisnis mreka biasa yg mw jual obt biar lakulaku.hati2penipuan

  24. kakak2 sekalian saya punya pohon gaharu umuran 10 tahun untuk getahnya sudah di perkirakan 2 kg, yang minat bisa hubungi nmr saya 089675863138
    saya Daud Yusup
    alamat: lampung,,

  25. selain gaharu adakah info komoditi yg lain seperti cendana, saya ada cendana

  26. Kusus yg serius aja..butuh gaharu super/tenggelm didalm air..hubungi:085361046596

  27. saya punya gaharu jenis super yang berminat hungi,no hp 082239419880,email Berth_marweri@yahoo.com

  28. Aww. sy punya gaharu hutan 5 kg, yang minat hubungi nomor sy 085240527802, atas nam Taslim Sulu. daerah Gorontalo.

  29. Ass. Saya punya gaharu dlm bentuk cairan minyak. Akan dijual . Sya punya . Bila berminat bisa hubungi email sya mau djual rusuh lagi bth uang .saya punya 2drum

  30. saya punya pohon gaharu, saya temukan di galian pasir sekitar 10 meter kedalamannya dari awal galian, sy punya kurang lebih 2ton, perkiraan umur kayu galian ini sekitar ribuan tahun yang tertanam di dalam tanah. kaloq berminat hub 081915996803.
    email: denizoiii@yahoo.com.

  31. Assallamualaikum, sy skrg lg buka lahan kepingin nanam gaharu tp lihat ulasan sahabat sekalian Jadi bingung

  32. Saya mau pesan Bibinya,,,dan saya saat ini memiliki Pohon Gaharu yang usia 9 tahun,,, hanya satu pohon saja,,, mohon info pemasaranya

  33. saya punya 2 batang gharu umur nya sekitar 15 tahunan ..,yang berminat hubungi saya 081364948996,di kampar provinsi RIAU,trimah kasih

  34. kamino, di Kalbar

    saya mau ngomentari soal penjualan kayu gaharu ni, temen-temen yg memiliki baik pohon ,minyak ataupun gupal/galih kayu gharu. coba cari tau langsung aja ke buyer luar negeri, tak perlu obral harga jual disini? saya juga punya pohon gaharu sedang berumur 3 tahun, ada juga yg sdh saya inokolasi, tapi saya tenang-tenang, kalau saya mau jual bagus cari tau dulu dengan siapa pembelinya, jangan nurunin pasaran harga dengan asal laku dan dapet duit, kasihan petani gaharu yg sudah susah payah mengolah jika harga pasaran anjlok kayak gitu. coba pikir masak harga gaharu super king/hitam harga hanya 30 jt/kg yg bener aja…… ? saya sdh dengar harga mencapai 300 jt/kg di malaysia dekat provinsi kami di Kalbar. sukses utk petani gaharu/…

  35. daripada taman mulai dri bibit… mending beli saya punya pohon gaharu umur 13 thun ada 1200 pohon lokasi kaltim di jual Rp. 1.500.000/pohon jika serius hub .081322384757

  36. Djual lahan kebun pohon kayu gaharu lokasi kalimantan selatan. Lahan seluas 4,7 hektar. Isi lahan : kayu gaharu 5000 pohon diameter 23 cm. Bonus kayu jadi 1.500 pohon diameter 26 cm. Lokasi diperkampungan atau pinggir jalan beraspal. Harga 15 M. Bagi yang berminat bisa menghubungi hp 082352531879 atau 0517 42739

  37. aku punya barangnya kalo berminat segera hubungi no.ini 085230749977.. atau send e mail putrifight@yahoo.com.. terimakasih

  38. iki podo tenanan pora to ? koq regane gaharu marai ngiler. tp walau telat aku arep nandur, aku nduwe bibit 5000 btg siap tanam, tp sing ws umur 4 tahun yo ws eneng, riwayat di buay bahuga kab. way kanan lampung 0853 0723 0037

  39. KAMI PUNYA POHON GAHARU DI KUTAI KARTANEGARA KALTIM UMUR DIATAS 5 ( LIMA ) TAHUN DIAMETER 5O CM KEATAS APA ADA YANG BERMINATHUBUNGI HP.081347611830

  40. saya punya gubal gaharu super 1 kg. jika ada yg berminat hub. E mail solemanamfoang@yahoo.com…. terimakasih

  41. saya punya gaharu 3 kg … tergantung harga tertkini… kualitas AB . yg minat hub saya . rizal210494@gmail.com

  42. minta harga berapa gan? gaharunya tenggelam atau tidak? cocok estimasi harga timbang barang kita beli gan

  43. hmmm … sangat bagus nich untuk di budidayakan
    tentu saja sangat berpotensi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat jika benar-benar serius untuk membudidayakan pohon ini ….
    bibit tanaman buah (bibit jeruk,kelengkeng,durian dll)

  44. wah imfo yg menarik tuh,kalou boleh nanya dimana kami bisa beli bibit nya,dan kemana kami menjualnya jiku besar nanti,?makasih

  45. Saya mau menawarkan kayu gaharu berbagai kelas :
    * Arab super (papua), harga : 35 juta/kg
    * gaharu batangan ulin ( maluku), harga 35 juta/kg
    * gaharu super ( papua), tenggelam di air harga 175 juta / kg.

    Disuplay dari papua dan maluku.
    Apabila berminat bisa menghubungi saya. Saya domisili di Bali.

    Anton
    Marketing

    Hp : +6281263706029
    BB : 29FE9343
    Email : kartono30_salwa@yahoo.co.id

Tinggalkan Balasan

