LSM Tanjung Pinang Alim Peringati Hari Air Se-Dunia


MINGGU, 31 MARCH 2013 00:00

HARI AIR-Murid-murid SDN 004 dan 005 Kota Tanjungpinang foto bersama usai mengikuti berbagai kegiatan pelestarian lingkungan yang digelar LSM Alim dalam rangka peringatan Hari Air Se-Dunia di sekolah mereka, Jumat (29/3). SUTANA/HALUAN KEPRI

 TANJUNGPINANG (HK)-Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Air Lingkungan dan Manusia (Alim) memperingati Hari Air Se-Dunia dengan menggelar berbagai kegiatan pelestarian lingkungan dan air, seperti menanam pohon, membagikan poster dan membagikan air mineral di SD Negeri 004 dan SD Negeri 005 Kota Tanjungpinang. Selain itu, Alim juga memberikan edukasi tentang pentingnya air bagi kehidupan terhadap murid-murid kedua sekolah tersebut.

Menurut Ketua Lembaga Alim Kepri Kahirjuli, kegiatan ini dimaksudkan sebagai bagian dari upaya penyelamatan lingkungan serta menjaga sumber mata air bagi kelangsungan hidup manusia. “Pada kegiatan ini kami membagikan air minum dan poster siklus air kepada murid-murid kelas 4 SDN 005 Tanjungpinang Barat dan SDN 004 Binaan Tanjungpinang Timur. Kami juga menanam bibit pohon gaharu, mangga, sengon dan tanjung di kedua sekolah tersebut. Selain itu juga memberikan edukasi kepada murid-murid tentang pentingnya air dan pohon bagi kehidupan manusia,” terang Kahirjuli.

Kahirjuli mengatakan pihaknya sengaja memilih SDN 004 dan SDN 005 sebagai lokasi pelaksanaan kegiatan karena kedua sekolah ini sejak tahun 2012 telah menjalin persahabatan dengan salah satu SD di Berlin, Jerman. “Kebetulan tahun 2013 merupakan Tahun Internasional Kerjasama Air. Maka, SDN 004 Binaan Tanjungpinang Timur sangat cocok sebagai titik kegiatan air internasional di Tanjungpinang, bahkan di Kepri. Sedangkan SDN 005 Tanjungpinang Barat melalui kegiatan ‘Sahabat Air: Save The Water’, SD ini mulai menjalin persahabatan dan kerja sama edukasi dengan SD yang ada di Jerman,” ujarnya.

Selain kegitan ‘Sahabat Air’, jelas Kahirjuli, Alim sebelumnya telah melakukan dialog interaktif bersama Walikota Tanjungpinang, Bupati Sangihe (Sulawesi Utara) dan aktifis lingkungan hidup Ully Sigar Rusadi melalui RRI Tanjungpinang yang dipancarluaskan ke seluruh Indonesia.

Dalam waktu dekat ini, kata dia, Alim juga akan menggelar aksi damai dengan membagikan 1000 botol air kemasan mineral kepada masyarakat di Bundaran Lapangan Pamedan dan kenduri air di sumber air baku. Kenduri air merupakan kearifan lokal mayrakat Kepri dalam meuwujudkan rasa syukur terhadap air.

Sementara itu Kepala Sekolah SDN 005 Tanjungpinang, Raja Halizah merasa senang dengan adanya kegiatan seperti ini, dan ini suatu kehormatan dan kebanggaan bagi sekolahnya. “Tentunya kegiatan ini sangat bermanfaat bagi sekolah dan juga bagi anak-anak didik, ditambah lagi dengan akan dilakukan kerja sama dengan negara luar, ini suatu kebanggaan buat kami semua,”kata Raja Halizah.

Pohon yang diberikan, ujar Raja Halizah, akan ditanam untuk penghijauan sehingga nantinya lingkungan SD Negeri 005 akan sejuk dan rindang. (sut)

sumber : haluan kepri

About kherjuli

PRESIDEN AIR

Posted on Maret 31, 2013, in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: