HARI AIR DUNIA (WORLD WATER DAY) 2013


2013logo_indonesianDalam rangka memperingati HARI AIR DUNIA 2013, Lembaga Air, Lingkungan dan Manusia (ALIM) Provinsi Kepulauan Riau sejak bulan Agustus 2012 telah memulai serangkaian kegiatan dengan mengacu kepada pedoman yang dikeluarkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa melalui UN-Watar.org. Yaitu sebuah website resmi dibawah naungan PBB yang khusus mengurus soal hari air dunia (world water day). Dari website tersebut diketahui tema dan sasaran yang hendak dicapai pada peringatan Hari Air Dunia ke XXI tanggal 22 Maret 2013. Disamping itu, kami juga terhubung dengan jejaring sosial Facebook dan Twitter : world water day.

Dari sanalah kami mencoba menyusun kegiatan yang tentunya disesuaikan dengan kondisi terkini yang ada di Provinsi Kepulauan Riau ini. Seperti issu Banjir (daya rusak air) yang kami angkat untuk kota Tanjungpinang. Kemudian isu kelangkaan air bersih untuk kota Batam dan Tanjungpinang. Kerjasama Air Internasional untuk Kabupaten Bintan dan Kabupaten Karimun.

Serangkaian kegiatan yang telah kami susun antara lain :
1. Sosialisasi Hari Air Dunia 2013 melalui Jejajring Sosial (Facebook : kherjuli dan Twitter : @AIRKEPRI).
2. Sosialisasi Hari Air Dunia 2013 melalui Blog (https://kherjuli.wordpress.com/)
3. Penanaman Pohon (Bekerjasama dengan ALUMNI SMPN 3 Tanjungpinang dan Dishutbun Kepri)
4. Dialog Inter aktif di RRI Tanjungpinang
5. Aksi Damai 1000 Botol Air Mineral untuk semua
6. Kenduri Air

Pada bulan Desember 2010, Majelis Umum PBB mendeklarasikan tahun 2013 sebagai Tahun Kerjasama Air Internasional (Resolusi A/RES/65/154). Dalam refleksi dari deklarasi itu, Hari Air Dunia 2013 yang diperingati setiap tanggal 22 Maret 2013, didedikasikan untuk kerjasama air. Oleh karena itu, tema Peringatan Hari Air Dunia tahun 2013 adalah “Kerjasama Air” (Water Cooperation).

Kerjasama air dilakukan dengan berbagai pendekatan multidisiplin yang memadukan ilmu-ilmu alam, tehnik, sosial, pendidikan, budaya dan komunikasi. Hal itu dikarenakan sifat intrinsik air sebagai elemen transversal dan universal. Tahun Kerjasama Air International akan merangkul semua pihak dan menyentuh semua aspek kehidupan.

Tujuan dari Tahun Kerjasama Air Internasional adalah untuk meningkatkan kesadaran, baik pada potensi untuk meningkatkan kerjasama dan tantangan yang dihadapi dalam pengelolaan air, antara lain peningkatan permintaan akses air, alokasi dan jasa.

About kherjuli

PRESIDEN AIR

Posted on Maret 19, 2013, in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: