Galakan Gerakan Bintan Bersih


Sumber : Haluan Kepri, Senin 10 Desember 2012

Bulan Menanam-Wabub Bintan Khazalik didampingi Sekdakab Bintan Lamidi dan Ketua TP PKK Bintan Dewi Kumalasari Ansar, foto bersama usai menerima bibit pohon dalam rangka menyukseskan peringatan bulan menanam nasional di taman kota Kijang, Bintan Sabtu (8/12). REZA/Haluan Kepri

Pemkab Tanam 1.500 Tanaman Produktif

BINTAN (HK)- Dalam rangka bulan menanam nasional, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan turut menggalakan Gerakan Bintan Bersah dengan menanam sebanyak 1.500 batang pohon  produktif. Pohon-pohon ini akan ditanam di setiap Kecamatan yang ada di Kabupaten Bintan.

Sementara bibit pohon produktif tersebut berasal dari Pusat Pengelolaan Ekoregion Sumatera Kementerian Lingkungan Hidup Kepada Pemkab Bintan ditambah  50 unit tong sampah organik dan anorgani. Kemudian, LSM Air, Lingkungan dan Manusia (Alim) juga menyumbangkan sebanyak 100 batang Gaharu untuk ditanam.

Untuk penyerahan bantuan bibit pohon ini dilakukan secara simbolis oleh Wakil Bupati Bintan, Khazalik, di taman kota, Kijang Kecamatan Bintan Timur Kabupaten Bintan Sabtu (8/12).

Menurut Khazalik, bulan menanam nasional yang ditetapkan setiap bulan Desember karena merupakan momentum strategis dalam upaya mengantisipasi perubahan iklim global, serta kerusakan lingkungan lainnya yang dapat mengakibatkan penurunan produktifitas alam dan kelestarian lingkungan.

Bantuan 1.500 batang pohon ini akan disebarkan di setiap desa, Kelurahan maupun Kecamatan sebagai salah satu rangkaian kegiatan yang mendukung gerakan Bintan Bersih.  “Terutama di Kecamatan Bintan Timur yang saat ini sedang ikut dalam penilaian Adipura,” kata Khazalik.

Dengan bantuan tersebut, Khazalik berharap kepada masyarakat Bintan berpartisipasi meneruskan budaya menanam pohon yang tidak saja hanya pada saat momen tertentu saja, akan tetapi juga menanam pohon dijadikan sebagai budaya masyarakat di kabupaten Bintan.

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Bintan, Karya Harmawan, menyebutkan tujuan dalam memperingati bulan menanam nasional adalah untuk meningkatkan budaya menanam pohon di masyarakat. Jenis bibit yang diperoleh antara lain durian, rambutan Binjai, jambu Bol, jambu Citra, matoa, lengkeng, sirsak, mangga harum manias dan gaharu. (eza)

About kherjuli

PRESIDEN AIR

Posted on Desember 10, 2012, in Water, Environment and Human and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: