ALIM Dirikan Bank Pohon


Untuk menudukung konsep Green City (Kota berwawasan lingkungan), Lembaga Air, Lingkungan dan Manusia (ALIM) Provinsi Kepulauan Riau akan mendirikan Bank Pohon.

Tahap awal, sudah tersedia lahan seluas 2.294 m2 dan sudah ada sebanyak 10.200 pohon bibit Gaharu di “Tabung” dilahan seluas 272 m2 di Jalan Nuri Lorong Merpati Kel. Batu IX Kec. Tanjungpinang Timur. Sisanya, 2.022 m2 lagi akan di “tabung” dengan jenis tanaman penghijauan dan buah-buah.

Saat ini ALIM tengah melakukan pembibitan pohon Beringin, Nangka, Jambu, Salam dan Mangga. Insya Allah, nanti kita harapkan dapat bekerjasama dengan BLH Provinsi Kepri dan Dinas Pertanian dan Kehutanan Kepri serta Perusahaan Swasta lainnya, agar cikal bakal Bank Pohon ini dapat terwujud di Kepri.

Pohon beringin adalah jenis pohon yang mudah hidup dalam berbagai kondisi. Pohon beringin juga memiliki multifungsi antara lain fungsi hidrologis, ekologis dan cultural. Sistem akarnya mampu menyerap air disaat hujan dan akan mengeluarkan air disaat kering. Disamping itu, pohon beringin juga mampu menyerap CO2 dan menghasilkan O2. Pohon itu juga, oleh sebagian masyarakat diyakini sebagai pohon anker tempat tinggal hantu. Dengan demikian, kita harapkan pohon ini dapat hidup sebagai penopang air di hutan lindung Sei Pulai yang sudah gundul.

Ada beberapa sasaran penghijauan dari Bank Pohon ini antara lain, di kawasan Pusat Pemerintahan Dompak, Hutan Lindung Sei Pulai, Sekolah, Ruang Privat /Pribadi dan Ruang Publik untuk mendukung terwujudnya RTH di Kota Tanjungpinang.

ALIM juga akan mengelompokan anggota-anggotanya secara khusus kedalam Komunitas Hijau (Green Comunity) agar lebih fokus sehingga diharapkan dapat bekerjasama dengan BLH Kepri. Komunitas ini nantinya akan mendorong BLH Kepri untuk menghimbau Perusahaan yang mengurus AMDAL dan Izin Lingkungan lainnya agar bersedia memberikan kontribusi berupa bibit pohon yang akan di “tabung” di Bank Pohon itu. Sifatnya sukarela. Dari pohon itu nantinya akan ALIM salurkan ke daerah sasaran penghijauan secara sukarela pula.

About kherjuli

PRESIDEN AIR

Posted on November 18, 2012, in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: