Tahun Kerjasama Air Internasional


Pada bulan Desember 2010, Majelis Umum PBB melalui Resolusi A/RES/65/154 telah mendeklarasikan tahun 2013 sebagai Tahun Kerjasasama Air Internasional.

 Sehubungan dengan deklarasi itu, maka pada peringatan Hari Air Sedunia 2013 ( 22 Maret 2013) akan didedikasikan untuk kerjasama air internasional.

 Mengingat sifat intrinsik air sebagai elemen transversal dan universal,UN-Water melalui pendekatan multidisiplin yang unik yang memadukan ilmu-ilmu alam dan sosial, pendidikan, budaya dan komunikasi telah ditunjuk UNESCO untuk memimpin Tahun Kerjasama Air Internasional dengan merangkul semua pihak dan menyentuh semua aspek.

 Tujuan dari Tahun Kerjasama Air Internasional adalah untuk meningkatkan kesadaran, baik pada potensi untuk meningkatkan kerjasama, dan tantangan yang dihadapi pengelolaan air semakin terang dari peningkatan permintaan untuk akses air, alokasi dan jasa.

 Tahun 2013 akan menyoroti sejarah inisiatif kerjasama air yang sukses, serta mengidentifikasi isu-isu tentang semangat pendidikan air, diplomasi air, pengelolaan air lintas batas, kerjasama pembiayaan, nasional / kerangka kerja hukum internasional, dan hubungan dengan Tujuan Pembangunan Milenium. Hal ini juga akan memberikan kesempatan untuk memanfaatkan momentum yang diciptakan pada Konferensi PBB tentang Pembangunan Berkelanjutan (Rio 20), dan untuk mendukung perumusan tujuan baru yang akan berkontribusi terhadap pengembangan sumber daya air yang benar-benar berkelanjutan.

 Bagaimana dengan Indonesia ? Kita tunggu saja respon Pemerintah Indonesia terhadap Tahun Kerjasma Air Internasional itu.

 Dimata dunia Internasioanal, Indonesia dikenal sebagai Negara yang memiliki sumber daya air yang cukup besar. Yaitu  nomor empat terbesar didunia. Tetapi, dunia juga mencatat bahwa bencana kekeringan dan kelangkaan pangan juga terjadi di negeri yang memiliki penduduk yang cukup besar di dunia.

 Apa yang dapat dilakukan Indonesia dalam menjalin kerjasama air dengan Negara lain pada momen Kerjasama Air Internasional ? Apa manfaat dari kerjasama itu bagi negara dan masyarakat Indonesia ? Apakah Negara lain tertarik menjalin kerjasama dengan Indonesia, agar Banjir yang kerapkali terjadi di Ibukota Negara dan sejumlah daerah lainnya dapat teratasi ?

About kherjuli

PRESIDEN AIR

Posted on November 15, 2012, in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: