Waduk Sei Jago Dikaji Ulang


Sumber : Tanjungpinang pos : Diposting oleh admin pada 3 October, 20120 Comment

Sampel tanah waduk sei jago tanjunguban diambil oleh BWS. Antisipasi Krisis Air Bersih Berkepanjangan di Tanjunguban. Upaya pengoptimalan keberadaan Waduk Sei Jago sebagai sumber air bagi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di Tanjunguban terus dilakukan. Selasa (2/10), petugas dari Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera IV Kementerian Pembangunan Umum (PU) melakukan kajian dan pengambil sampel tanah di lokasi waduk ini. Sampel tanah diambil di dua tempat, di pinggir waduk dan di tengah. Diharapkan, dengan adanya pengujian sampel di laboratorium, akan terlihat kemungkinan waduk itu masih bisa dioptimalkan atau tidak.

Menurut Fahruzi, subkontraktor pengambilan sampel tanah itu, dengan diuji di laboratorim, akan terlihat kadar kekuatan tanah, airnya dan kontur tanahnya. Itu perlu, untuk perencanaan waduk ini ke depan. Sayang, tidak diketahui pasti, langkah apa yang yang dilakukan dalam jangka pendek setelah adanya pengambilan sampel air itu. Apakah seperti direncanakan PDAM selama ini dengan akan membuat sumur bor atau untuk interkoneksi Waduk Sei Jago dengan Waduk Sei Jeram.

Dari pengamatan sementara, dikatakan, kemungkinan membuat sumur bor di waduk itu tidak menjawab kebutuhan saat ini untuk suplai air ke pelanggan. Terlebih, aturan untuk pembuatan sumur bor sebenarnya sudah ada dan tidak boleh sembarangan dilakukan.
Untuk diketahui, pengujian sampel tanah waduk ini ditunjuk konsultan, PT. Nadi Putra Pratama di Bandung. Selain di Sei Jago, pengujian tanah juga dilakukan di Sei Timun.

Masih Kering. Sementara itu, hingga saat ini waduk yang diharapkan menjadi sumber air bagi PDAM di Tanjunguban belum juga berubah dan masih kering. Bahkan, bagian kolam yang harus tertutup air, sebagian masih tampak seperti tumpukan lumpur yang kering. Akibatnya, suplai air ke pelanggan pun masih sangat terbatas. Pengaliran bergilir masih terpaksa dilakukan, sekali dalam dua hari. Beberapa waktu lalu, karena sudah semakin sulitnya air, keprihatinan sekelompok orang mulai datang. Ada satu aksi pemuda saat itu yang datang membawa air dan membagi-bagikannya secara gratis. Warga pun menyambut baik pembagian air itu.(noc)

About kherjuli

PRESIDEN AIR

Posted on Oktober 3, 2012, in Water, Environment and Human and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: