Dibelikan Pohon Gaharu, lalu Ditanam Siswa Pinang


Siswa SD di Jerman Sisihkan Uang Jajan

Photo : Kherjuli

TANJUNGPINANG – LSM Alim (Water, Environment and Human of The NGO Indonesia) yang bekerja sama dengan Civic Education Advisor of the NGO Germany menggelar kegiatan bersama di Tanjungpinang. Kegiatan ini dalam rangka Hari Lingkungan Hidup se Dunia tahun 2012 dan untuk mendukung Program Adiwiyata Pemerintah Kota Tanjungpinang serta untuk mensukseskan Cooperation Devolepment Education, The Save the Rain Forest 2012 sampai 2015 Germany Indonesia. Kegiatan ini yang dipusatkan di SDN 004 Binaan Tanjungpinang Timur itu adalah berupa penanaman pohon gaharu di sekolah.

“Kota, alam dan kita, kehidupan di negara lain adalah tema konsep persahabatan yang sejalan dengan salah satu prinsip dari Grundschule am Planetarium, membangun diri berpotensi dan memupuk kompetensi interkultural, disesuaikan kurikulum pendidikan kedua pihak,” ujar Kherjuli Directur LSM Alim, kepada Tanjungpinang Pos, Rabu (20/6).
Melalui konsep pembangunan dan perkembangan di bidang pendidikan, para siswa Sekolah Dasar (SD) di plannetarium (Grundschule am Planetarium) Berlin Jerman dan SD Negeri Tanjungpinang Timur, maka merupakan kesempatan memupuk persahabatan baru dan membandingkan kehidupan mereka sehari-hari.

Gaharu masuk sekolah, tanam sekarang, pelihara, dan raih keuntungan, merupakan salah satu program yang dirancang bersama untuk menanamkan dan menumbuhkembangkan kesadaran murid-murid untuk selalu menyayangi pohon, lestarikan alam, teduhkan sekolah, cintai lingkungan kota yang bersih dan hijau serta dambakan kehidupan yang produktif.

Melalui program ini, murid-murid yang ada di Jerman akan menyisihkan uang jajan mereka untuk dibelikan bibit pohon gaharu. Murid-murid yang ada di sini yang akan menanam dan memeliharanya. Tiap sekolah yang ada di Pulau Bintan nantinya secara bertahap akan mendapatkan 7 pohon bibit gaharu dan sebuah sertifikat ucapan terima kasih karena telah menanam dan akan merawatnya dengan baik.

Kenapa pohon gaharu ? “Karena memiliki nilai ekonomi yang tinggi bermanfaat bagi operasional sekolah pada masa yang akan datang. Di perkirakan akan di tanam 2000 bibit pohon Gaharu di 255 SD/Mi, SMP/MTS, SMU/MAN/SMK di pulau Bintan secara bertahap, yang mulai dengan penanaman 20 pohon di halaman SDN 004 Binaan Tanjungpinang Timur dan 15 pohon untuk SMPN di Tanjungpinang yang akan disaksikan oleh Walikota Tanjungpinang,” pungkasnya. (cr8)

Sumber : Tanjungpinang pos

About kherjuli

PRESIDEN AIR

Posted on Juni 28, 2012, in Water, Environment and Human and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: