Wawako Tanjungpinang Tanam Gaharu, Bantuan Dari Jerman


Wakil Walikota Tanjungpinang, Edward Mursali menanam pohon Gaharu di SDN 004 Binaan Tanjungpinang Timur hari Kamis (21/6). Pohon Gaharu yang ditanam dihalaman sekolah itu merupakan sumbangan dari siswa Grundshule am Planetarium Berlin Germany dan Grunshule im Taunusviertel Berlin  Germany kepada siswa SDN 004 Binaan Tanjungpinang Timur.

 Sebelum acara penanaman, terlebih dahulu dilakukan serah terima 35 bibit pohon Gaharu dari Civic Education oh The NGO Germany, Mrs. Yuliana Gubernath kepada Wakil Walikota Tanjungpinang. Selanjutnya 20 bibit pohon Gaharu itu diserahkan Wawako kepada Kepala SDN 004 Binaan Tanjungpinang Timur yang diterima langsung oleh Kepala Sekolahnya, Syarifah Sulastri dan 15 pohon lagi kepada Kepala SMPN 3 Tanjungpinang.

Dalam sambutannya Wawako menyampaikan ucapan terimakasih kepada warga sekolah yang ada di Jerman, khususnya kepada siswa Grundshule am Planetarium dan Grunshule im Taunusviertel dan Sekundarschule Harzgerode Berlin Jerman, yang telah menyumbangkan bibit pohon gaharu untuk ditanam di halaman sekolah SDN 004 Binaan Tanjungpinang Timur dan SMPN 3 Tanjungpinang. Wawako berharap agar pohon gaharu itu nantinya dipelihara dengan baik sehingga selain memberikan fungsi lingkungan juga dapat bernilai ekonomi. Itu sesuai dengan tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2012, Ekonomi Hijau, Ubah Perilaku dan Tingkatkan Kwalitas Lingkungan, ujar Edward.

Wawako juga menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada Kherjuli, Ketua LSM ALIM yang telah menggagas jalinan kerjasama antar warga sekolah yang ada di Tanjungpinang Indonesia dengan Jerman. Apa yang telah dilakukan LSM ALIM itu dapat dijadikan motivasi bagi kita semua. Melalui jalinan persahabatan antar warga sekolah didua Negara itu, sekaligus telah memperkenalkan Kota Tanjungpinang sebagai kota yang bersih, berbudaya dan berwawasan lingkungan hidup kepada warga sekolah yang berbeda benua.

Ditempat yang sama, Ketua Lembaga ALIM, Kherjuli mengatakan bahwa setelah pencanangan program Gaharu Masuk Sekolah, Tanam Sekarang, Pelihara dan Raih Keuntungan yang dilakukan oleh Wawako ini, akan dilanjutkan dengan penanaman secara bertahap 5-7 batang bibit pohon Gaharu untuk tiap sekolah yang ada di Tanjungpinang.

Yuliana Gubernath, Civic Education oh The NGO Germany dalam acara itu menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini. “Saya tidak menyangka kalau acara penanaman pohon itu dilakukan dalam suasana yang meriah dan penuh keakrapan. Semoga jalinan kerjasama di bidang pendidikan dan lingkungan hidup dalam Coorperation Devolepment Education, The “Save the Rain Forest 2012 — 2015’ Germany –  Indonesia antara LSM ALIM (Water, Environment and Human of The NGO Indonesia) dengan Civic Education Advisor of the NGO Germany dapat terus berlanjut dan sukses, ucapnya dalam bahasa Indonesia yang tidak terlalu pasih”.

Kepala SDN 004 Binaan Tanjungpinang Timur, Syarifah Sulastri dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada LSM ALIM dan NGO Germany yang telah menghubungkan SDN 004 Binaan dengan beberapa SD yang ada di Berlin Jerman. Kami terharu dan bangga ketika mendengar informasi bahwa jalinan persahabatan yang telah berlangsung selama 1 tahun lebih itu antar SDN 004 Binaan Tanjungpinang Timur dengan Grundshule am Planetarium Berlin Jerman mendapatkan peringkat ke 4 dalam perlombaan pendidikan globalisasi dengan negara-negara berkembang, se Jerman.

Hujan lebat yang turun pada acara penanaman pohon itu ternyata tidak mengurungkan niat Wawako, hadirin dan murid-murid SDN 004 Binaan untuk melakukan aksi mulia itu. Namun sayang, dalam acara itu tidak tampak Kepala BLH dan Kadispora Kota Tanjungpinang. Kami sudah undang, mungkin mereka sibuk dan berhalangan hadir.

Kherjuli

Ketua LSM ALIM

Anggota Dewan Sumber Daya Air Kepri

About kherjuli

PRESIDEN AIR

Posted on Juni 27, 2012, in Water, Environment and Human and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. bagi yang membutuhkan bibit buah dan biji gaharu, inokulan gaharu, dan seputar masalah budidaya gaharu silahkan hubungi saya di 085355498758 atau http://gaharu84.blogspot.com/

  2. bagi yang membutuhkan bibit buah dan biji gaharu, inokulan gaharu dan seputar masalah budidaya gaharu silahkan hubungi saya di 085355498758 atau http://gaharu84.blogspot.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: