“GAHARU MASUK SEKOLAH. Tanam Sekarang, Pelihara dan Raih Keuntungan”.


ALIM Antarkan Gaharu Masuk ke Sekolah

Diposting oleh pada 1 June, 2012 0 Comment

F-ISTIMEWA/ALIM TANAM: Sejumlah anak-anak tampa sedang merawat bibit pohon gaharu yang nantinya oleh Lembaga ALIM akan dibagikan ke sekolah-sekolah yang ada di Tanjungpinang. Kegiatan ini dilaksanakan ALIM yang berkerjasama dengan sekolah di Jerman.

TANJUNGPINANG – Dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia yang jatuh setiap tanggal 5 Juni, Lembaga Air Lingkungan dan Manusia (ALIM) Provinsi Kepri akan melaksanakan penanaman pohon gaharu di setiap sekolah yang ada di Tanjungpinang. Untuk menyukseskan program itu, ALIM telah menyediakan sekitar 1000 bibit pohon gaharu.
Pohon ini akan ditanam di 113 sekolah di Tanjungpinang. Rinciannya 65 pohon di SD/MI, 25 pohon di SMP/MTS dan 23 pohon di SMA/MA/SMK. Setiap sekolah mendapatkan 9 pohon gaharu. Kegiatan itu dikemas dalam program, Gaharu Masuk Sekolah dengan semboyan tanam sekarang, pelihara dan raih keuntungan.

‘’Sebenarnya ALIM sudah menyiapkan 9.000 bibit pohon gaharu untuk ditanam di tiap sekolah yang ada di Tanjungpinang dan Bintan. Saat ini masih terus dibudidayakan oleh kelompok Anqori Gaharu dan kelompok Damar Wangi di Kabupaten Lingga dan di Jalan Nuri Lorong Merpati No. 31 Tanjungpinang. Persis di depan halaman rumah Saya,’’ Ketua ALIM Kepri Kherjuli kepada Tanjungpinang Pos, kemarin.

Ditambahkannya, sebagai LSM Konservasi dua kelompok itu diberdayakan ALIM untuk mewujudkan program gaharu masuk sekolah di Pulau Bintan. Menjawab pertanyaan kenapa pohon gaharu yang dipilih Kherjuli, mengatakan pohon gaharu itu memiliki banyak fungsi.
Selain untuk fungsi sosial dan lingkungan hidup. Juga memiliki fungsi ekonomi yang tinggi. Jika dipelihara dengan baik dalam waktu sekitar 6 tahun, dari satu pohon ini bisa dihasilkan ratusan juta rupiah.

‘’Untuk mendapatkan gupal gaharu berwarna kecoklatan hingga kehitam-hitaman akan ditempuh dengan cara rekayasa inokulasi. Caranya dengan memasukan jamur ke dalam batang atau akar pohonnya. Gupal Gaharu yang berkualitas memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi,’’ kata Kherjuli.
Bila program ini berjalan sesuai rencana, imbuhnya, pihak sekolah akan mendapatkan hasil. Yang dapat digunakan untuk menunjang kegiatan operasional.

‘’Itu merupakan salah satu cara untuk membantu kegitan sekolah. Selain memperkenalkan jenis-jenis tanaman yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi kepada anak. Sekaligus menanamkan perilaku sadar lingkungan dan pola hidup produktif,’’ terangnya.

Dukungan dari Berlin, Jerman
Untuk memulai pencanangan program Gaharu Masuk Sekolah ini, ALIM didukung salah seorang guru freeland pendidikan global di Berlin Jerman, Mrs Guberneth, yang mewakili salah satu SD yang ada di Berlin Jerman. Pohon gaharu ini dijadwalkan mulai ditanam ALIM di SDN 004 Binaan Tanjungpinang Timur.

‘’Penanaman pohon gaharu di sekolah itu, sekaligus untuk mengisi rangkaian kegiatan jalinan persahabatan antara SDN 004 Binaan Tanjungpinang Timur dengan SD Planetarium Berlin Jerman,’’ jelas Kjerjuli.
Jalinan persahabatan dibidang lingkungan hidup, pendidikan dan budaya antaranak-anak murid kelas 3 di dua negara itu sebenarnya sudah berlangsung sejak setahun yang lalu. Dan, mendapat rangking ke-4 pada perlombaan pendidikan globalisasi se-SD yang ada di Jerman.

Ketika ditanya bagaimana awalnya jalinan persahabatan antar dua SD yang berbeda benua itu bisa terwujud ? Kherjuli, mengatakan hal itu berawal dari kunjungan Mrs. Guberneth ke Blog Presiden Air (Blog LSM ALIM) pada peringatan Hari Air Dunia (World Water Day) 2011.

‘’Biasanya, pada momen World Water Day, ada saja yang dari luar negeri menghubungi Saya untuk saling berbagi (sharing) informasi tentang air dunia, dalam tema yang beragam. Seperti pada Hari Air Dunia 22 Maret 2012 yang lalu, Saya dihubungi reporter Radio Nederland Werelamd (RNW) di Denhag Belanda, dan aktivis air lainnya dari berbagai negara,’’ ungkap Kherjuli.
Dari internet lah mulanya. Mrs. Guberneth tertarik dengan serangkaian kegiatan dan aksi yang ALIM lakukan selama ini. Terutama dalam memperjuangkan hak dasar anak untuk mendapatkan air bersih, sanitasi dan lingkungan hidup yang layak.

Kalau tidak ada halangan, tambah Kjerjuli, Mrs Guberneth dijadwal berkunjung dari Berlin ke Tanjungpinang (21/6). Dia akan berkunjung ke SDN 004 Binaan. Sekaligus menyerahkan 20 bibit pohon gaharu dari murid-murid SD Berlin kepada murid-murid kelas 3 SDN 004 Binaan Tanjungpinang. (git)

Sumber : Tanjungpinangpos.

About kherjuli

PRESIDEN AIR

Posted on Juni 1, 2012, in Water, Environment and Human and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. saya berniat menanam gaharu mohon dibelajari caranya,,, bersediakah bapak mengajari??

  2. untuk mempelajari tetang gaharu bapak bisa menghubungi saya di 085355498758 atau kunjungi blog saya http://gaharu84.blogspot.com/
    saya menjual biji dan buah gaharu, inokulan gaharu dan pemasaran hasil budidaya gaharu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: