AIR DAN KETAHANAN PANGAN : HARI AIR DUNIA 2012 DALAM LAPORAN


Laporan terbaru
New York, 22 Maret 2012 – Pesan Sekretaris Jenderal pada Hari Air Sedunia

Dalam beberapa dekade mendatang, memberi makan populasi global yang terus meningkat dan menjamin keamanan pangan dan gizi bagi semua akan tergantung pada produksi pangan meningkat. Hal ini, pada gilirannya, berarti menjamin pemanfaatan berkelanjutan sumber daya yang terbatas yang paling penting kita – air.

Tema Hari Air Dunia tahun ini adalah air dan ketahanan pangan. Pertanian adalah jauh pengguna utama air tawar. Kecuali kita meningkatkan kemampuan kita untuk menggunakan air dengan bijaksana di bidang pertanian, kita akan gagal untuk mengakhiri kelaparan dan kami akan membuka pintu untuk berbagai penyakit lainnya, termasuk kekeringan, kelaparan dan ketidakstabilan politik.

Di banyak bagian dunia, kelangkaan air meningkat dan tingkat pertumbuhan produksi pertanian telah melambat. Pada saat yang sama, perubahan iklim memperburuk risiko dan ketidakpastian bagi petani, terutama bagi petani miskin di negara berpenghasilan rendah yang paling rentan dan paling tidak mampu untuk beradaptasi.

Tantangan-tantangan saling terkait meningkat persaingan antara masyarakat dan negara untuk sumber daya air yang langka, menjengkelkan dilema keamanan tua, membuat yang baru dan menghambat pencapaian hak asasi manusia untuk makanan, air dan sanitasi. Dengan hampir 1 miliar orang kelaparan dan beberapa 800 juta masih kurang pasokan yang aman dari air tawar, ada banyak yang harus kita lakukan untuk memperkuat dasar-dasar stabilitas lokal, nasional, dan global.

Menjamin keamanan pangan yang berkelanjutan dan air untuk semua akan memerlukan keterlibatan penuh dari semua sektor dan aktor. Ini akan memerlukan transfer teknologi air yang tepat, memberdayakan produsen makanan kecil dan melestarikan jasa ekosistem penting. Ini membutuhkan kebijakan yang mempromosikan hak-hak air untuk semua kapasitas, peraturan yang lebih kuat dan kesetaraan gender. Investasi di bidang infrastruktur air, pedesaan pengembangan dan pengelolaan sumber daya air akan menjadi penting.

Kita semua harus didorong oleh kepentingan politik yang diperbarui dalam keamanan makanan, yang dibuktikan dengan prioritas tinggi diberikan kepada masalah ini dengan agenda G8 dan G20, penekanan pada perhubungan makanan, air dan energi dalam laporan Global saya Keberlanjutan Panel, dan semakin banyak negara berjanji untuk Scale Up Nutrisi.

Pada Hari Air Dunia, saya mendorong semua mitra untuk sepenuhnya menggunakan kesempatan yang diberikan oleh Konferensi Rio +20 PBB untuk Pembangunan Berkelanjutan. Di Rio, kita perlu menghubungkan titik-titik antara keamanan air dan makanan dan keamanan nutrisi dalam konteks ekonomi hijau. Air akan memainkan peran sentral dalam menciptakan masa depan yang kita ingin

About kherjuli

PRESIDEN AIR

Posted on Mei 21, 2012, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: