Dewan SDA Prov. Kepri Ingatkan Soal Investasi Air


Dewan SDA Prov. Kepri Ingatkan Soal Investasi Air

Sabtu, 07 April 2012 00:00

KARIMUN – Anggota Dewan Sumber Daya Air Provinsi (DSDAP) Kepri, Kherjuli memperingatkan Pemkab Karimun agar dalam memenuhi kebutuhan air bersih harus mengutamakan kepentingan masyarakat dibanding kepentingan industri.

“Silakan pengelolaan sumber daya air (SDA) mau diarahkan untuk pemenuhan kebutuhan Industri perusahaan asing yang ada di Karimun. Tetapi jangan sampai itu dijadikan nomor satu dan untuk rumah tangga dinomor duakan. Padahal berdasarkan prioritas, penggunaan air untuk rumah tangga itu adalah prioritas utama,” kata Kherjuli, Jumat (6/4).

Katanya, harus ada studi kelayakan yang dilakukan terlebih dahulu. Di samping, Pemkab Karimun juga harus mempunyai master plan, serta menerima masukan publik.

Studi kelayakan, lanjut Kherjeli, tidak saja menyangkut SDA dan pengembangan SPAM. Tetapi, juga aspek investasi dan aspek lingkungan hidupnya. Makanya, juga harus ada kajian AMDAL/UKL/UPAL terlebih dahulu.

“Saya rasa pihak Kadin dan Perusda setempat pasti mengetahui hal itu. Karena, iklim investasi itu sangat terkait dengan kepastian hukum, daya beli serta political will pemda,” ujarnya.

Diakui Kherjuli, bahwasanya investasi itu memerlukan waktu yang panjang dan, pengelolaan SDA harus dilakukan secara berkesinambungan. Sementara, jabatan politik Bupati dan DPRD hanya lima tahun saja, dan paling lama 10 tahun atau dua periode. Dengan demikian, belum tentu Bupati dan DPRD berikutnya mendukung kebijakan yang dibuat saat ini.

“Jangan sampai disebabkan oleh persoalan hukum, maka peletakan batu pertama yang dilakukan kemarin itu sekaligus menjadi batu yang terakhir dalam rencana investasi di bidaag air bersih,” imbuhnya. (gan)

Sumber : Haluan Kepri

About kherjuli

PRESIDEN AIR

Posted on April 9, 2012, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: