Karimun Bangun Instalasi Air Bersih


Karimun Bangun Instalasi Air Bersih

Kamis, 29 March 2012 00:00

KARIMUN- Bupati Karimun Nurdin Basirun meresmikan pembangunan instalasi air bersih di Danau Sentai yang ditandai dengan peletakan batu pertama, Rabu (28/3). Proyek air bersih yang memakan investasi Rp500 miliar ini dikelola PT Petronas Wingstar asal Singapura bekerja sama dengan Perusahaan Daerah (Perusda) Karimun.

“Kebutuhan air bersih di Karimun sangat mendesak bagi masyarakat. Diharapkan pembangunan instalasi air bersih ini berjalan sesuai waktu, yakni tujuh bulan ke depan,” ujar Nurdin.

Diakuinya, Karimun masih tertinggal dibanding Batam, apalagi negara tetangga Singapura dan Malaysia. Pembangunan instalasi air bersih di Karimun diharapkan dapat memancing investor lain untuk menanamkan investasinya di Karimun yang kini berkembang sebagai kawasan industri.

“Masyarakat Karimun yakin kalau daerahnya memiliki potensi investasi, sehingga dibangunnya  proyek ini memancing para investor untuk membangun perusahaan di sini,” ucapnya.

Dirut Perusda Usmantono mengatakan, volume air yang dihasilkan dari instalasi air bersih di Danau Sentai sebesar 100 liter per detik. Dan dalam pengerjaan proyek tersebut, akan dibangun pipa instalasi sepanjang 45 km.

“Jarak yang paling jauh adalah ke PT Saipem dan Patani Pelawan. Pengerjaan proyek tersebut memakan anggaran sebesar Rp100 miliar dengan masa pengerjaan selama tujuh bulan,” jelas Usmantono.

Dikatakannya, Pulau Karimun saat ini terdapat 27.000 kepala keluarga ( KK) yang membutuhkan air bersih. Namun, saat ini daerah hanya  mampu memenuhi sebanyak 3.755 pelanggan. Daftar tunggu minta sambungan air saat ini mencapai 7.000. Data tersebut di luar dari kebutuhan industri dan perkapalan.

Melihat perkembangan Kabupaten Karimun yang semakin pesat, maka pihaknya melakukan penjajakan dengan pihak ketiga yang telah dilakukan penandatanganan kerjasama pada ulang tahun Kabupaten Karimun ke-12 pada 12 Oktober 2011 lalu.

“Hal ini dimaksud agar kebutuhan air bersih untuk rumah tangga dan industri dapat segera terpenuhi,” pungkasnya.(gan)

About kherjuli

PRESIDEN AIR

Posted on April 8, 2012, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: