PELAYANAN AIR BERSIH KURANG BAIK


Sabtu, 24 March 2012 00:00

Seharusnya Dikelola PDAM

KARIMUN- LSM Air Lingkungan dan Manusia (Alim) Kepri menilai adanya keganjilan pengelolaan air bersih oleh Perusahaan Daerah (Perusda) di Karimun. Seharusnya air bersih dikelola oleh perusahaan yang khusus bergerak di bidang itu yaitu PDAM.

“Pengelolaan air bersih ternyata dikelola oleh unit usaha air bersih di bawah Perusda. Harusnya dikelola oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), perusahaan yang khusus mengelola air bersih. Jadi pengelolaannya bisa optimal,” kata Ketua LSM Alim Kepri Kherjuli, saat peringatan Hari Air se Dunia, Kamis (22/3) di Tanjungbalai Karimun.

Menurutnya, berdasarkan amanat UU no 07 tahun 2004 tentang Sumber Daya Air dan PP No16 tahun 2005 tentang Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum jelas mengatur pengelolaan air bersih dilakukan oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang khusus mengelola air bersih.

Untuk itulah, dirinya mendesak Pemkab Karimun agar menjalankan amanat UU dalam pengelolaan air bersih dengan menyerahkan pengelolaannya kepada BUMD sendiri, tanpa harus dicampur dengan perusahaan lain.

“Di manapun daerahnya, yang namanya air bersih selalu dikelola oleh perusahaan pengelolaan air bersih dan bukannya di bawah Perusda,” ungkapnya.

Jika pengelolaan air bersih dikelola oleh PDAM, maka dirinya yakin kualitas air yang sampai ke masyarakat jadi lebih baik. Dirinya sangat menyayangkan, karena kurang baiknya pengelolaan air bersih di Karimun. Maka beberapa waktu lalu Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun menemukan sejenis bakteri di waduk Sei Bati yang tidak baik untuk kesehatan masyarakat.

Dikatakan, Karimun yang dikenal kaya akan kandungan timah ternyata berdampak terhadap kualitas airnya. Kandungan timah dalam air tersebut dinilai kurang baik terhadap kesehatan tubuh manusia, salah satunya menganggu kesehatan gigi. Untuk itulah, jika pengelolaan air bersih dikelola oleh perusahaan yang benar-benar di bidangnya, maka kadar timah dalam air tersebut bisa dinetralisasi.

Sementara, Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Laskar Melayu Bersatu (LMB) Kabupaten Karimun Datuk Panglima Muda Azman Zainal menyebutkan, pengelolaan air bersih oleh perusahaan yang membidangi air bersih sesuai dengan kearifan lokal di Karimun. Pasalnya, masyarakat Karimun dikenal sebagai masyarakat yang ramah dan bisa menjaga lingkungan dan sumber daya air yang ada.

“Sudah saatnya masyarakat Karimun menikmati pelayanan air yang bersih dan sehat dan dikelola oleh perusahaan yang betul-betul bergerak di bidangnya. Selama ini yang saya lihat, masyarakat dibuat kecewa dengan banyaknya permasalahan air mulai dari terputusnya air sampai berbulan-bulan ke rumah-rumah pelanggan sampai ke masalah kualitas air yang tidak baik,” katanya.

Azman mendukung jika pengelolaan air bersih di Karimun dilakukan oleh PDAM, tujuannya untuk menghindari banyaknya permasalahan air bersih yang selama ini terjadi. Ia menyebut, masyarakat sudah terlalu lama dibuat kecewa dengan masalah air bersih.

“Sudah saatnya masyarakat menikmati pelayanan air yang bersih dan sehat dan dikelola oleh perusahaan yang betul-betul bergerak di bidangnya. Selama ini yang saya lihat, masyarakat dibuat kecewa dengan banyaknya permasalahan air,” katanya. (ham)

About kherjuli

PRESIDEN AIR

Posted on Maret 25, 2012, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: