AIR BUKAN SUMBER MUSIBAH, TAPI BERKAH


Kamis, 22 March 2012 00:00

KARIMUN- Memperingati Hari Air se-Dunia yang jatuh pada setiap tanggal 22 Maret LSM Air Lingkungan dan Manusia (Alim) Kepri mengadakan kenduri air dengan mengunjung waduk di Karimun. Hari Air adalah momen untuk mengingatkan manusia betapa pentingnya air untuk melangsungkan kehidupan.

Menurut Ketua Umum LSM Alim Kepri Kherjuli, kenduri air atau dikenal pray for water telah dicatat iven air internasional sejak tahun 2009. Memperingati Hari Air itu, sudah sepantas manusia meningkatkan rasa syukur kepada Sang Pencipta yang telah menyediakan air di mana pun juga.

“Kami akan mengangkat isu tentang kolam-kolam duka dan pembentukan PDAM Kabupaten Karimun pada saat Hari Air. Saat ini di Indonesia, hanya Karimun yang pelayanan air bersih/minum dikelola Perusda. Pandangan kami menyulitkan pihak manajemen menerapkan prinsip-prinsip pengelolaan air minum yang sehat,” ujar Kherjuli, Rabu (21/3).

Belum lagi masalah pelayanannya yang kini pemerintah pusat tengah giat-giatnya mengupayakan percepatan penyediaan air minum. Sebagai arti pentingnya air, ia berharap waduk atau bekas galian di Karimun tidak lagi memakan korban.

Kherjuli meminta kepada instansi terkait, dalam hal ini Badan Lingkungan Hidup Kebersihan dan Pertamanan (BLHKP), Dinas Kesehatan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah melakukan inventarisasi lahan-lahan terbuka yang digenangi air yang berpotensi dijadikan sebagai tempat bermain anak-anak. Karena, lemahnya pengawasan menjadikan mala petaka dan bukan manfaat yang didapat dari sumber air.

Selain berpotensi dijadikan sebagai tempat bermain bagi anak-anak, lahan yang digenangi air itu juga berpotensi sebagai tempat nyamuk berkembang biak. Kondisi seperti itu tentunya kurang baik bagi kesehatan masyarakat.

“Kami juga sepakat agar orang tua harus senantiasa mengawasi anak-anak bermain. Tetapi ada tanggung jawab pemerintah dan pemilik lahan juga terhadap pengelolaan lingkungan hidup. Kita tidak ingin air diklaim sebagai sumber musibah. Air bukan sumber musibah tetapi sumber berkah,” katanya.

Untuk itu kata Kherjuli, pihaknya akan mengunjungi kediaman kerabat korban yang pernah merenggut nyawa sanak saudaranya dan akan menggelar dialog dengan masyarakat pada Kamis (22/3). (abdul gani)

Sumber : Haluan Kepri

Photo : Kherjuli

About kherjuli

PRESIDEN AIR

Posted on Maret 25, 2012, in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: