AIR MAYA (Virtual Water)


Air maya (virtual water) merupakan sebuah konsep yang dikenalkan oleh Professor John Anthony Allan dari King’s College London and the School of Oriental and African Studies. Yaitu, sejumlah air yang digunakan untuk memproduksi suatu produk. Seperti Sehelai kemeja yang kita kenakan ternyata telah menghabiskan 2700 liter air. Secangkir kopi, 140 liter air. Mulai dari penggunaan air untuk menanam kapas dan kopi, hingga dalam bentuk barang jadi yg kita pakai dan minum.

Air Maya sama artinya dengan penggunaan air secara tidak langsung. Jadi, semakin banyak kita mengimpor suatu produk, semakin banyak pula kita telah mengimpor air. Ironisnya, produk tsb belum tentu kita gunakan (pakai/makan). 30 persen dari maya, terbuang begitu saja. MUBAZIR bukan…?

Begitu kita mengonsumsi 1 kg daging sapi, berarti kita telah menggunakan 16.000 liter air, mulai dari air untuk menanam jerami, untuk minum sapi, untuk membersihkan kandang dan sapi itu sendiri, air untuk sapi bertahan sebelum di sembelih, hingga menghasilkan daging tersebut. Belum termasuk air untuk bikin Randang dsb,…

Isnaini Osman Esekkli intinya air untuk sumber kehidupan mahluk hidup didunia, baik flora, fauna dan manusia. Tanpa air dunia akan pecah, karena panas kering tanpa cairan. Ipong, Phg.
  • Elsi YuniwatiPanjang sngat kajian nih bang ,,, ngape tak ϑΐ kaji sekalian air kencing sapi lari die ke mane ƗƚɑƗƚɑƗƚɑƗƚɑƗƚɑ..=)

    sekitar sejam yang lalu · Tidak SukaSuka · 1
  • Isnaini OsmanKenceng sapipon begune untok penghijauan. Tapi yg sudah agak lamalaaa, kalau baru bau tak sedaaap

    sekitar sejam yang lalu · Tidak SukaSuka · 1
  • Elsi YuniwatiYeee ,,,lah yg punye rumah tak ade ,mudah2 jawaban yg ϑΐ berikan bang is cukup memuaskan yeee ,,met malam ye

    sekitar sejam yang lalu · Tidak SukaSuka · 1
  • Kher JuliIsnaini Osman: Flora dan Fauna butuh air untuk hidup. Lalu, manusia butuh Flora dan Fauna untuk pangan, sandang, papan dll. Berarti kebutuhan air untuk keperluan manusia lebih banyak. Kecuali bila Ia tidak butuh itu semua. Maka tumbuh2anlah yang hidup pada irigasi pertanian yang lebih banyak menggunakan air, yaitu 70 persen dari penggunaan air dunia (rumah tangga dan industri).

    57 menit yang lalu · SukaTidak Suka
  • Isnaini OsmanPasti butuh,menciptakan manusia

    54 menit yang lalu · Tidak SukaSuka · 1
  • Kher JuliElsi Yuni: Ha ha ha… sudah termasuk Kak. Suah dihitung dan dikurangi dgn masa pertumbuhan sapi yang juga kencing.

    54 menit yang lalu · SukaTidak Suka
  • Isnaini OsmanWwxzzz ujong ujongnya duduk ngopi, cakap ngarot ngarot prof.

    50 menit yang lalu · Tidak SukaSuka · 1
  • Kher JuliSesuai denga Tema Hari Air Dunia 2012 Kak, “AIR DAN KETAHANAN PANGAN”. Jadi, segala yang kita makan, mulai dari proses pertanian/perkebunan, proses produksi bahan baku, bahan jadi, dihitung jumlah air nya. Sekedar menjadi bahan renungan bagi kita semua betapa HIDUP KITA TIDAK BISA DIPISAHKAN DARI AIR. WALAU HANYA SEDETIKPUN.

    50 menit yang lalu · SukaTidak Suka
  • Kher JuliIsnaini Osman: Pada Saat Datok tidur, jumlah air yang digunakan sedikit berkurang. Karena Datok tidak makan, minum dan hanya mengenakan celana dalam saja. Tak taulah kalau Datok menggunakan kain seprai tebal terbuat dari bulu domba.

    47 menit yang lalu · SukaTidak Suka
  • Kher JuliJumlah air akan semakin berkurang pada saat Pipis. Apalagi kalau sampai mencret-mencret. xixixixixi

    45 menit yang lalu · SukaTidak Suka
  • Isnaini OsmanAiiii…. Aku sdg pakek celana hawai niii

    40 menit yang lalu · SukaTidak Suka
  • Kher JuliJauh beli celana, dari Hawaii… Hawai yang tahu Indonesia terletak di bawah garis Khatulistiwa,.. Mereka beli (Impor) Panas Bumi dan Emosi serta BudayaTawuran dan Kekerasan dari kita. Yach… mungkin untuk Sabung Ayam kali disana ya Pong..?

    35 menit yang lalu · SukaTidak Suka
  • Isnaini OsmanKita tidak bisa berpisah dgn ayer walau hanya sedetik, karna air sudah berada dlm tubuh kita

    31 menit yang lalu · SukaTidak Suka
  • Isnaini OsmanSONGSONG PERINGATAN AIR DUNIA BULAN MARET INI. AYER TERLALU NYATA BAGI KITA YG TIDAK BUTA. Pinjam gurindam

    26 menit yang lalu · Tidak SukaSuka · 1
  • Kher JuliDah Pinjam,.. Kembalikan. Jgn sampai marah Raja Ali Haji

    19 menit yang lalu · SukaTidak Suka
  • Isnaini OsmanOke prof. Sy nak gunakan ayer sblm tidor,kt jmta bisok yeee.

    14 menit yang lalu · SukaTidak Suka
  • Kher JuliOkey Boss,.. Mudah2an gak Ngompol ya,.. agar tidak menghabiskan banyak air buat cuci seprai, kasur, batal dan CD. xixixixi, lanjut Boss…

    12 menit yang lalu · SukaTidak Suka
  • Isnaini OsmanOke prof. Sy nak gunakan ayer sblm tidor,kt jmta bisok yeee.

    10 menit yang lalu · SukaTidak Suka

About kherjuli

PRESIDEN AIR

Posted on Januari 29, 2012, in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: