MAKANLAH TAPI JANGAN BOROS AIR


Ada 7 miliar orang di planet Bumi butuh makan pada makan hari ini dan akan bertambah 2 miliar lagi pada tahun 2050, yang pasti butuh makan. Data statistik UN Water mengatakan bahwa kita masing-masing minum 2 sampai dengan 4 liter air setiap hari, namun sebagian besar air yang kita ‘minum’ tersebut berasal dari makanan yang kita makan. Untuk memasak 1 kilo gram beras misalnya, diperlukan lebih dari 2 liter, demikian juga dengan jenis lauk atau makanan lain yang kita makan, jumlah air yang diperlukan hingga menjadi lauk dan makanan tersebut jarang kita perhitungkan.

Data UN Water menyebutkan bahwa ada 1 miliar orang di bumi hidup dalam kelaparan akibat  sumber daya air yang kronis dan berada di bawah tekanan. Oleh karena itu kita tidak bisa lagi tinggal diam karena masalah itu mungkin berada di ‘tempat lain’. Kita harus bertindak mengatasi pertumbuhan penduduk dunia dengan cara menjamin akses air bersih terhadap pangan supaya bergizi terjamin. Untuk itu kami memanggil semua orang terlibat dalam serangkaian tindakan antara :

  1. Mengkonsumsi makanan yang diolah dengan sedikit air
  2. Mengurangi pemborosan makanan karena 30% dari makanan yang diproduksi di seluruh dunia tidak pernah dimakan dan air yang digunakan untuk memproduksi makanan itu sudah pasti hilang dan mubazir
  3. Menghasilkan lebih banyak makanan, kualitasnya baik tetapi diolah dengan sedikit air
  4. Mengikuti diet sehat yang lebih hemat air.

Sebaiknya dalam semua langkah mulai dari rantai pasokan, produsen hingga ke konsumen, harus menghemat air untuk semua jenis makanan.

Tahukan Anda berapa banyak air yang Anda konsumsi yang berasal dari proses pengolahannya hingga menjadi makanan yang kita makan setiap hari? Dapatkah Anda mengubah cara diet Anda dengan cara-cara yang lebih hemat air ?

Mari bergabung dengan kami pada Kampanye Hari Air Dunia 2012  yang bertemakan  “Air dan Ketahanan Pangan”.

About kherjuli

PRESIDEN AIR

Posted on Januari 1, 2012, in Uncategorized, Water, Environment and Human and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. Kita harus lebih cermat dan selektif dalam mengkonsumsi air minum, ya Boss..

  1. Ping-balik: Ternyata Masih Ada Bahaya di Air Minum Dalam Kemasan | Fresh Cold

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: