MENJANGKAU AIR MENGGAPAI HARAPAN


Tarif Air Rp2.600 Masih Ideal Sumber : Tanjungpinang pos. Diposting oleh admin pada 25 November, 2011 0 CommentTak Boleh Lebih dari 4 Persen Upah Minimum Provinsi. TANJUNGPINANG – Perbedaan harga tarif air bersih yang diinginkan PDAM Tirta Kepri dengan Pemprov Kepri dan tim kajian dari dewan, dinilai Ketua Lembaga Air Lingkungan dan Manusia (ALIM) Kepri, Kherjuli sebagai hal yang wajar.

Yang penting kedua pihak sepakat untuk menyesuaikan tarif air yang sudah bertahan sejak tahun 2001 lalu. Dan, hal itu merupakan sebuah kemajuan yang sangat penting sejak 10 tahun terakhir.

Menjawab pertanyaan Tanjungpinang Pos, kemarin tentang berapa tarif air bersih ideal dari sudut pandangnya, Kherjuli, menjawab idealnya didasari beberapa prinsip dan yang terpenting adalah prinsip keterjangkauan.

Artinya, tarif untuk standar kebutuhan pokok air minum harus terjangkau oleh daya beli masyarakat pelanggan yang berpenghasilan sama dengan Upah Minimum Provinsi (UMP).

‘’Pengeluaran rumah tangga pelanggan PDAM untuk memenuhi standar kebutuhan pokok air minumnya tidak boleh melampaui 4 persen dari UMP. Sedangkan standar kebutuhan pokok air minum itu sendiri adalah sebesar 10 meter kubik per kepala keluarga per bulan,” kata Kherjuli.

Dengan dasar perhitungan tersebut, ujar Kherjuli, maka jika harga tarif ditetapkan sebesar Rp2.600 per meter kubik dan dikalikan 10 meter kubik, lalu ditambah biaya administrasi dan rawat meter sebesar Rp10.000. Maka nilainya baru sekitar Rp36.000 per kepala keluarga per bulan.

Jika UMP Kepulauan Riau tahun 2012 nanti ditetapkan Pemprov Kepri sebesar Rp1.000.000 saja, jika dikali 4 persen diperoleh hasil Rp40.000. Jadi rencana kenaikan tarif air PDAM Tirta Kepri sebesar Rp2.600 itu diperkirakan masih dapat dijangkau oleh masyarakat pelanggan. Sebab masih di bawah 4 persen dari UMP.

‘’Tapi itu prediksi bila Pemprov Kepri menetapkan UMP tahun 2012 ini sebesar Rp1.000.000, ya,’’ ucapnya.

Selain prinsip keterjangkauan, imbuh Kherjuli lagi, tarif PDAM juga harus didasari keadilan, mutu pelayanan, pemulihan biaya, efisiensi pemakaian air, transparansi dan akuntabilitas.(git)

About kherjuli

PRESIDEN AIR

Posted on November 25, 2011, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: