AIR RO MASIH MURAH DIBANDING AIR ISI ULANG


Sumber : Tanjungpinang pos : Diposting oleh admin pada 23 November, 2011 0 Comment. PROYEK: Pekerja sedang melakukan pemasangan pipa PDAM di sekitar lokasi Batu 11 Tanjungpinang arah ke Tanjunguban. Pipa ini nantinya menyatukan Instalasi Pengolahan Air (IPA) di Waduk Seipulai dengan Seigesek. Sekaligus meningkatkan kapasitas layanan air bersih ke pelanggan PDAM.

Tarif PDAM Diusulkan Rp2.000 Per Kubik. KERJA Sama pengadaan air bersih dengan sistem Reserve Osmosis (RO) antara Pemprov, Pemko Tanjungpinang dan pemerintah pusat disambut baik oleh Lembaga Air Lingkungan dan Manusia (ALIM) Kepri.

Harga air bersih dengan sistem ini yaitu sekitar Rp7 ribuan per meter kubik, memang lebih mahal pada harga air bersih PDAM. Namun, harga itu masih lebih murah dibanding air lori tangki yang dijual sekitar Rp30 ribu – Rp40 ribu per meter kubik.

Harga air RO juga masih lebih murah dibanding harga air isi ulang, yaitu sekitar Rp4 ribu – Rp5 ribu per galon atau sekitar Rp40 ribu – Rp50 ribu per meter kubik. Meski sangat mahal, namun air lori tangki dan air galon tetap laris di pasaran. Hal ini disampaikan Ketua ALIM Kepri, Kherjuli, kepada Tanjungpinang Pos, kemarin.

‘’Kami menyambut baik rencana kerja sama pelayanan air minum melalui sistem RO di Kota Tanjungpinang, antara Pemprov Kepri, Pemko Tanjungpinang dan pemerintah pusat melalui Direktur Pengembangan Air minum Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PU,’’ kata Kherjuli.

Menurutnya, walaupun dengan sistem konvensional, ujarnya, seperti yang dikelola PDAM Tirta Kepri sekarang ini lebih baik dibanding sistem RO. Namun, tidak ada salahnya dilaksanakan untuk percepatan penyediaan air minum bagi penduduk.

‘’Itu solusi alternatif penyediaan air minum perkotaan. Mengingat semakin terbatasnya lahan dan daya dukung hutan sebagai faktor pendukung tersedianya air baku untuk air minum,’’ jelas Kherjuli.

Ditambahkannya, ke depan pihaknya berusaha untuk terus menerus memberikan pemahaman kepada masyarakat. Tentang harga jual air atau tarif air dengan paradigma baru.

Pada paradigma lama, tarif air hanya dilihat sebagai komoditas sosial belaka. Sedangkan dengan paradigma baru, air tak hanya komoditas sosial. Tapi juga komoditas ekonomi dan lingkungan hidup yang harus dipadukan secara selaras.

‘’Dengan adanya RO ini, yang tidak kalah pentingnya juga adalah menyesuaikan mindset masyarakat pengguna air,’’ jelasnya.

Tarif PDAM Diusulkan Rp2.000 Per Kubik

Setelah tim yang terdiri dari anggota DPRD Kepri dan unsur pemerintah menggodok rencana kenaikan tarif PDAM Tirta Kepri. Direncanakan, hasil dari pembahasan tim mengenai usulan tarif baru PDAM tersebut akan diserahan ke Gubkepri, Rabu (23/11).

Anggota tim pembahasan kenaikan tarif air PDAM, Rudi Chua kepada Tanjungpinang Pos, Selasa (22/11) menjelaskan, setelah melalui pembahasan tim menyepakati kenaikan harga tarif air PDAM menjadi Rp2 ribu per kubiknya.

“Yang sangat rasional untuk kenaikan adalah di harga Rp2 ribu tersebut,” tegasnya.

Kenaikan mencapai angka Rp2.600 sangat wajar, namun ini akan sangat bijaksana apabila diterapkan pada tahun 2013 mendatang. Untuk saat ini sampai 2012 mendatang, harga air yang paling bisa diterima masyarakat adalah Rp2 ribu.

“Sah-sah saja menaikan sampai Rp2.600 tapi jangan serta merta dilakukan sekarang, tapi secara bertahap,” imbuhnya.

Rudi mengatakan, rencana yang Rp2.600 itu merupakan hasil analisa realistis dari BPPSPAM akan konisi PDAM Tirta Kepri saat ini. Namun, ini sebatas analisa BPPSPAM dan semua keputusan tetap kembali pada gubernur sebagai pemegang saham PDAM Tirta Kepri, yang nantinya akan diterbitkan melalui Surat Keputusan (SK).

“Kalaupun nantinya kenaikan Rp2 ribu belum bisa menutupi ongkos operasional, serta cost recovery lainnya. Maka ada alternatif lainnya, dengan cara menambal modal anggaran lagi ke PDAM,” ujar Sekretaris Komisi II DPRD Kepri ini.(SiGIT-TAUFIK A HABU)

About kherjuli

PRESIDEN AIR

Posted on November 23, 2011, in Uncategorized, Water, Environment and Human. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: