TERASING DARI AKSES AIR BERSIH


Akses air bersih dan Sanitasi, dalam berbagai kasus menjadikan sekelompok orang terasing dari kelompok yang lain atau diasingkan oleh akses itu sendiri seperti ketersediaannya maupun pelayanannya yang masih sangat minim dan konvensional.

“Dahulu, orang-orang Penube tak mau dekat same kami. Diorang bilang kami ini bau amis dan bau hanyir ikan. Kalau jumpe, diorang selalu menghindar dan menjauh. Kalau tak pon, diorang selalu tutop hidong. Jadi kami pon tak mau dekat diorang” kata Ketue RW Pulau Lipan.

Dibilang terasing dari aktivitas kehidupan modern ? Ya. Dibilang sudah tidak terasing lagi ? Jawabannya juga Ya. Terasing karena secara structural masih ada fasilitas umum yang belum bisa disediakan oleh Pemerintah/Pemerintah Daerah seperti Listrik dan Sarana Air Bersih. Dibilang tidak, juga Yak arena secara Kultural, nilai-nilai budaya beranyut menjalankan aktivitas kehidupan di atas sampan sudah tidak lagi mereka lakukan. Mereka sudah tinggal didarat dan berinteraksi dengan masyarakat yang jauh sudah lebih baik kehidupan social ekonomi dan budayanya.

Masyarakat Suku Terasing (Suku Laut). Sarana Pendidikan dan Fasilitas Ibadah sudah tersedia disini. Tinggal Listrik dan Air Bersih lagi. Kalau malam tiba, tak ubahnya mereka masih tinggal di atas Sampan dibawah Kajang Rumbia karena hanya mengandalkan lampu seadanya dan sinar bulan. Bila pagi menjelang, mereka kadang-kadang tak mau mandi karena malas berjalan kaki pergi ke perigi. Kondisi itu seperti kondisi asli budaya mereka yang hidup merapung di atas sampan dari suatu pulau ke pulau lainnya.

About kherjuli

PRESIDEN AIR

Posted on November 15, 2011, in Uncategorized, Water, Environment and Human and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: