Kepri Punya Dewan Sumber Daya Air


Smber : Tanjungpinang Pos. Diposting oleh admin pada 3 November, 2011 1 Comment

WADUK: Kondisi Waduk Seipulai yang menjadi sumber air baku PDAM Tirta Kepri harus terus dijaga kelestarian lingkungannya, agar sumber air selalu terjaga. Adanya Dewan Air mempermudah pengawasan lingkungan di sekitar waduk ini.

TANJUNGPINANG –Sebagai langkah untuk mengendalikan pendayagunaan air di ibu kota Provinsi Kepri, serta menjalankan kewajiban Undang-Undang (UU) No 7 tahun 2004 tentang Sumber Daya Air (SDA).

Gubernur Kepri, HM Sani membentuk satu organisasi atau lembaga yang diberi nama Dewan Sumber Daya Air (SDA). Lembaga ini adalah amanah undang-undang serta perintah dalam Peraturan Presiden (Perpres) yang sifatnya wajib.

“Makanya Kepri juga harus membentuknya, dengan bentuk yang hampir sama dengan komisi-komisi vertikal yang ada di daerah,” ungkap Kepala Seksi (Kasi) SDA Dinas Pekerjaan Umum (PU), Haris Fadhilah, kepada Tanjungpinang Pos, Selasa (1/11).

Haris mengatakan, tujuan dari pembentukan dewan ini yaitu, untuk mengendalikan pendayagunaan air dalam bentuk konsep teoritis. Termasuk konsep melestarikan konservasi air yang berada di Kepri. Khususnya di Kota Tanjungpinang yang selalu bermasalah mengenai penyediaan air bakunya.

“Dewan ini diketuai langsung oleh Gubernur Kepri, dengan beranggotakan dari berbagai unsur dan elemen masyarakat. Sedangkan untuk sekrtariat sendiri tetap dibawah kendali jajaran instansi Pegawai Neger Sipil (PNS) terkait,” sebutnya.

Dewan SDA ini sendiri, sambung Haris, meskipun dimpimpin langsung oleh gubernur, namun seluruh tim yang dibawahnya terdiri dari beberapa komisi yang pertanggungjawabannya langusung kepada gubernur.

“Salah satu komisinya adalah komisi konservasi air,” singkatnya.

Disinggung mengenai tahapan pembentukan Dewan SDA Kepri ini, Haris mengatakan, seluruh unsur yang dibutuhkan dalam dewan sudah terbentuk. Tahapan terakhir tinggal menunggu Surat Keputusan (SK) yang diterbitkan oleh Gubernur Kepri.

“Mudah-mudahan dalam bulan ini, dewan ini sudah terbentuk dan bisa langsung bekerja,” harapnya.(k)

About kherjuli

PRESIDEN AIR

Posted on November 3, 2011, in Uncategorized, Water, Environment and Human. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: