Sahabat Air Dari Berlin, Jerman


Sahabat Ku, Mrs. Yuliana Irawati Gubernart adalah seorang Guru Pendidikan Global dan Aktivis Lingkungan yang tinggal di Berlin Jerman. Beliau telah mengajarkan kepada anak-anak SD disana untuk peduli terhadap Alam dan lingkungan, termasuk Air dan tumbuh-tumbuhan. Tidak saja itu, anak-anak sekolah dasar itu juga di ajarkan pengetahauan alam sejak dini.

Aku dan Yuliana bertemu di Blog Presiden Air ini. Beliau menawarkan  jalinan persahabatan diantara anak-anak SD di dua negara. Berikut ini pemikiran Yuliana yang dituangkan kedalam modul yang disampaikan kepada anak-anak kelas 1-3 SD Berli Jerman. Photo-photo kegiatannya sangat indah dan menarik untuk kita simak serta kita jadikan contoh dan sumber inspirasi bagi anak-anak dimanapun berada. Sukses selalu Sahabat Ku. Semoga Tuhan memberkati mu.

Kota, Alami dan kita – kehidupan di negara lain

 Kemitraan sekolah

 SD di Planetarium di Berlin, Jerman dan SDN 004 Tanjungpinang binaan Timur, Indonesia

 Mana Indonesia? Mengapa tidak ada musim dingin di Indonesia? Hewan dan tumbuhan apa yang ada di sana? Ada pekerjaan apa saja? Sebagai kehidupan orsng di sana? Banyakkah anak-anak yang pergi ke sekolah? Permainan apa yang di gemari anak-anak? Apa mereka juga merayakan Hari Natal? Apa yang mereka makan? ….

 Anak-anak selalu penasaran dan mengajukan banyak pertanyaan. Di sekolah, di tempat bermain atau di jalan, mereka sering menghadapi anak-anak lain atau orang-orang dari negara lain.

Pada hari proyek interaktif dan kreatif in, para murid akan melihat kenyataan dan mengalami  perbedaan dan juga kesetaraan anak-anak dan dunia mereka sehari-hari dengan cara bermain bersama, bermain musik, drama,  membaca cerita/dongeng, membuat kerajinan tangan ataupun memasak.

 Kata Pengantar:

Dengan proyek konsep Pembangunan dan Perkembangan di Bidang Pendidikan, para siswa sekolah dasar di Planetarium ( Grundschule am Planetarium ) Berlin dan SDN Tanjungpinang Timur, Indonesia, diberikan kesempatan memupuk persahabatan baru dan membandingkan kehidupan mereka sehari-hari.

Kota, Alami dan Kita – kehidupan di negara lain adalah tema Kosep persahabatan yang di sedu sejalan dengan salah satu prinsip dari Grundschule am Planetarium  ” Membangun diri bertoleransi dan memupuk kompetensi interkultural “ ,  di sesuaikan dengan kurikulum pendidikan dari kedua pihak.

Para siswa Grundschule am Planetarium membuat surat, gambar-gambar atau senikarya yang berkaitan dengan topik di setiap Modul ini. Hasilnya akan diterbitkan atau dipresentasikan di sekolah ataupun dikirim ke SDN Binaan Indonesia. Sejalan dengan itu, para siswa di SDN 004 Tanjungpinang binaan mengadakan kegiatan serupa di Indonesia dan hasil tersebut di presentasikan di sekolah ataupun sebaliknya dikirimkan ke Grunschule am Planetarium Berlin.

Para Murid dari kedua belah pihak dipilih khususnya dalam usia sedini, karena kami yakin, bahwa mereka memerlukannya sebagai basis pemahaman budaya asing dan memperluaskan pengetahuan globalisasi antara negara maju dan negara berkembang.

 Koordinasi:
Mrs. Yuliana Irawati Gubernath
Petugas Pendidikan Pendidikan Global – Pembicara Gesellschaft der Europäischen Akademien e.V. dan Freunde des FEZ e.V.
gubernath@onlinehome.de
Grundschule am Planetarium
Alamat: Ella-Kay-Straße 47, 10405 Berlin – Jerman
E-mail info@gsap.de atau  http://www.gsap.de
Kepala Sekolah: Mr. Guenter Urban
Guru Kelas Mars: Mrs. Anett Vogel
vogelnet@web.de
 SDN 004 Tanjungpinang Binaan TIMUR
Alamat: Jl. DI. Panjaitan, Tanjungpinang – Indonesia
http://tanjungpinang.dapodik.org/rekap.php?ref=sekolah
Kepala Sekolah: Ibu Dra. Syarifah Sulastri
Guru Kelas: Ibu Rika Pebriani Wanti   pebrianir13@yahoo.co.id
Koordinator di Indonesia: Mr. Kher Juli   kherjuli@yahoo.co.id

 Modul 1 Ruang kelas hijau – Exursion di kebun raya

Indonesia adalah Negara kepulauan dan terletak di khatulistiwa. Sampai dengan 18 Abad, Indonesia masih ditutupi dengan hutan lebat. Karena berlaku iklim lembab dan hangat dengan banyak hujan, tanaman tetap selalu hijau dan hutan-hutan tersebut dikenal sebagai hutan hujan tropis. Tanaman apa saja yang tumbuh di hutan hujan tropis, para murid mengambil petualangan di dalam ruangan rumah tropis. Dengan bantuan denah dan tekateki dalam buku kerja, mereka dapat mengidentifikasi dan mendokumentasikan karakteristik dari tanaman.

Organisasi:

  • Selamat datang dan Introduksi peserta
  • Pengantar program tentang Hutan Hujan Tropis, rumah tropis dan peraturan cara bekerja dan cara melindungi tanaman
  • Para siswa dibagi menjadi 3 kelompok. Setiap kelompok terdiri dari satu pemimpin, dua penulis dan lainnya pengamat. Metode: Anda akan menerima peta jalan dengan berbagai stasiun dan topik. Dalam setiap stasiun para murid menjawab pertanyaan atau tekateki satu per satu isu dan tematik. Untuk menjawabnya mereka memulai sebelumnya dengan pencarian dan penelitian. Jawabanya boleh di gambar di dalam buku kerja ( worksheet ) atau dijelaskan secara tertulis. Di sini, mereka pergi ke sebuah perjalanan eksplorasi ke Rumah Bromilia, Tanaman-menggantung atau tanaman tanpa berakar, lumut dan Familie Spora, tanaman merambat dan rawa-rawa, tanaman karnivora, tanaman nutrisi, Rumah akasia dan sebagai penutup dalam rumah tropis besar dengan pohon-pohon bambu dan pohon-pohon raksasa

 Para Murid diperbolehkan membawa buah-buahan dari daerah tropis dari rumah ke Exursion ini dan jika mereka beruntung, mereka menemukan pohon buah yang tepat.

 Sewaktu beristirahat kecil, mereka mencicipi pisang organik dan buah asam setelah para siswa menemukan  pohon pisang dan pohon asam di stasiun tanaman Nutrisi / Tanaman Berguna.

 Evaluasi dan panduan singkat cara membuatan tali lompat karet yang dihasilkan dari pohon lateks ( Gummi Arabicum ). Setelah itu, para siswa membuat tali mereka sendiri-sendiri dan bermain melompat.

About kherjuli

PRESIDEN AIR

Posted on November 2, 2011, in Uncategorized and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: