Dialog Bulanan DPRD Kota Tanjungpinang, Bukan Arisan atau Wirid Bulanan


Kherjuli, Ketua Lembaga Air, Lingkungan dan Manusia (ALIM) Kepri

“Awalnya Saya mengira Dialog Bulanan tersebut tidak ubahnya seperti Wirid Bulanan atau Arisan Bulanan. Karena, sesuai undangan yang kami terima disebutkan bahwa, “Dalam rangka ajang siraturahmi dan tukar pikiran untuk mewujudkan Kota Tanjungpinang Bersih dan Hijau…”. Jadi tujuan dialog itu adalah untuk sirahturahmi dan tukar pikiran. Sama seperti Arisan Bulanan dan Wirid Bulanan yang bertujuan untuk sirahturahmi, tukar pikiran dan tukar giliran. Ternyata TIDAK”.

 Senang sekali mengikuti acara Dialog Bulanan yang digelar DPRD Kota Tanjungpinang, pada hari ini Kamis tanggal 28 Juli 2011 pukul 10.00 Wib s.d 12.30 wibb di Gedung DPRD Kota Tanjungpinang. Ya, senang bisa berdialog bersama wakil rakyat yang bertugas menjalankan fungsi Legislasi, Budgeting dan Pengawasan roda Pemerintahan.  Disamping itu, senang pula  bisa hadir bersama para Camat, Lurah dan LPM se-Kota Tanjungpinang, perwakilan dari REI dan juga masyarakat Senggarang. Tema dialognyapun sangat menarik sekali dan sesuai dengan kompetensi yang saya miliki, baik sebagai Aktivis Air dan Lingkungan maupun sebagai mantan Tim Penilai Adipura 2011 untuk Kota Tanjungpinang. Temanya adalah “Mewujudkan Kota Tanjungpinang Bersih dan Hijau”.

 Narasumber Dialog Bulanan itu adalah Hj. Maryati, S.Sos yang juga Kepala Dinas Pertamanan dan Kebersihan Kota Tanjungpinang dan Drs. Yahya Arif, Kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Tanjungpinang. Lalu Ketua Komisi III DPRD Kota Tanjungpinang, Ir. Bonar Sirait dan segenap Anggota Komisi III Ir. Dewa Bahagia, Ginta dan lainnya.

 Betul, sungguh diluar dugaan saya. Padahal, pada awalnya Saya mengira Dialog Bulanan tersebut tidak ubahnya seperti Wirid Bulan atau Arisan Bulanan. Karena, sesuai undangan yang kami terima disebutkan bahwa, “Dalam rangka ajang siraturahmi dan tukar pikiran untuk mewujudkan Kota Tanjungpinang Bersih dan Hijau…”. Jadi tujuan dialog itu adalah untuk sirahturahmi dan tukar pikiran. Sama seperti Arisan Bulanan dan Wirid Bulanan yang bertujuan untuk sirahturahmui, tukar pikiran dan tukar giliran. Karena Dialog Bulanan tidak termasuk perangkat kerja DPRD seperti Hearing, Reses, Panja, Paripurna, Panmus, Pansus atau mekanisme Dewan lainnya yang diatur dalam Tatip DPRD dan peraturan perundangan yang berlaku. Terutama ketentuan tentang tugas, wewenang dan tanggungjawab Dewan.

 Ternyata dugaan Saya itu keliru. Dialog Bulanan DPRD Kota Tanjungpinang tidak seperti Arisan Bulanan atau Wirid Bulanan yang Saya gambarkan sebelumnya. Dialog tersebut merupakan ajang Konsultasi Publik untuk membahas seputar persoalan yang tengah dan akan dihadapi Pemerintah Kota Tanjungpinang bersama DPRD Kota Tanjungpinang. Mendengarkan aspirasi masyarakat bawah dan menggandeng semua stakeholder DPRD. Kemudian yang paling membedakan dari Arisan Bulanan atau Wirid Bulanan adalah acara tersebut dipancarkan secara luas melalui RRI Tanjungpinang secara Live. Masyarakat di luar Gedung dapat terlibat secara langsung melalui talian telpon. Dialog interaktifpun berjalan dengan dipandu moderator yang sudah berpengalaman dibidang itu. Lalu, acara Dialog Bulanan itu kemudian diliput dan untuk ditayangkan pula oleh Batam TV. Seperti acara Lawyers Club disalah satu Stasiun Televisi Swasta yang mendapat rating tinggi oleh pemirsa. Sungguh diluar dugaan kami dan perlu kita berikan Apresiasi.

About kherjuli

PRESIDEN AIR

Posted on Juli 28, 2011, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: