Hari Anak Nasional : Air dan Nasip Anak Indonesia


Oleh : Kherjuli

Data Bank Dunia tahun 2008 memperlihatkan bahwa ada sebanyak 50.000 anak Indonesia meninggal dunia karena masalah sanitasi air dalam setahun. Itu berarti rata-rata ada sebanyak 136 anak yang meninggal setiap hari karena tak terjaminnya kebutuhan air bersih.

Masalah utama yang dihadapi oleh sejumlah anak Indonesia adalah kemiskinan yang justru menghambat akses mereka terhadap layanan kesehatan, termasuk air bersih dan sanitasi yang layak.

Anak Indonesia yang sehat itu artinya semua anak Indonesia harus mendapat akses layanan kesehatan dasar. Kemudian 84 juta anak Indonesia harus mendapatlan akses layanan pendidikan dasar di seluruh Indonesia. Kendala lain antara lain komitmen pemerintah daerah yang rendah dalam mengimplementasikan kebijakan ramah anak.

Kebijakan yang keliru dari berbagai pihak terrmasuk pemerintah dalam menyediakan akses air bersih kepada masyarakat menyebabkan banyak anak menjadi korban.

Laporan Millenium Development Goals (MDGs) yang dirilis Bappenas tahun 2010 mengungkapkan, hanya 47,71 persen rumah tangga yang memiliki akses terhadap air bersih yang layak.

Selain itu, hanya 51,19 persen rumah tangga yang memiliki akses terhadap sanitasi. Ada yang kurang beres dalam pendayagunaan sumber daya air di Indonesia. Padahal Indonesia memiliki potensi sumber daya air nomor 4 (empat) terbesar di Dunia.

About kherjuli

PRESIDEN AIR

Posted on Juli 23, 2011, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: