Tanjungpinang Wajar Raih Adipura 2011


Kota Tanjungpinang memang layak mendapatkan Adipura. Selain peran serta dan partisipasi msyarakatnya relatif tinggi, komitmen Walikotanya untuk menjadikan kota ini bersih dan teduh juga tinggi. Dua variable kunci itu yang mendasari Kota Tanjungpinang terpilih sebagai kota sedang peraih Adipura 2011 dari Pemerintah Pusat.

 Warga Tanjungpinang  patut berbangga karena di tingkat nasional, ada kesan bahwa perilaku hidup bersih masyarakatnya dalam menjaga kebersihan lingkungan dan kotanya sudah relatif baik.

 Predikat kota bersih yang diraih sebanyak 8 kali itu sesungguhnya mencerminkan bahwa perilaku warga kota ini dalam menjaga kebersihan lingkungan sudah cukup baik dibanding daerah lain dan membuat Tanjungpinang semakin dikenal daerah lain.

 Wajar bila kemudian piala Adipura itu di arak keliling kota. Wajah Pasukan Kuningpun terlihat sumringah. Selain gembira menunggu bonus, mereka juga puas bahwa apa yang mereka lakukan setiap pagi dijalan-jalan, trotoar, pasar, pemukiman, TPS, TPA ternyata berbuah Adipura dan Adipura itu bukan untuk mereka atau pribadi Walikota, melainkan untuk seluruh masyarakat Kota Tanjungpinang.

 Arak-arakan piala Adipura dan syukuran di Pamedan A Yani yang dilakukan kemaren itu sudah cukup meriah. Bukan saja pasukan kuning, Walikota dan jajarannya yang menikmati hiburan, tetapi wargapun ikut antusias menikmatinya.

 Kedepan, bila didukung Pemko, ALIM akan mengundang Duta Lingkungan untuk mengunjungi pihak-pihak yang terlibat langsung dalam penilaian Adipura itu, seperti RSUD, Puskesmas, Pedagang di pasar, murid dan Guru SD, SMP, SMA, Pengelola Pelabuhan, para Pengompos, warga di Pemukinan pasang surut dan lokasi lain yang menjadi titik pantau penilaian Adipura.

 Tujuannya adalah untuk memberikan apresiasi atas diraihnya Adipura dan sekaligus motivasi agar Adipura yang telah diraih kedelapan kainya ini dapat terus dipertahan. Yang paling penting, agar kesadaran dan peran sertanya dalam menjaga kebersihan lingkungan itu dapat terus ditingkatkan karena bulan Oktober akan dimulai lagi penilaian untuk Adipura 2011.

Jumlah peraih penghargaan Adipura untuk kota/kabupaten terbersih di Indonesia menurun atau kurang dari 100 daerah. Ini karena kriteria penilaian diperketat dan tim penilai berasal dari sejumlah daerah.

Jumlah ini jauh lebih sedikit dibanding tahun 2010 yang mencapai 140 daerah penerima. Kementerian Lingkungan Hidup memperketat penilaian. Selain kriteria penilaian ditingkatkan, pemantauan lokasi pada tahun ini dilakukan 100 persen, tidak 70 persen seperti tahun-tahun lalu.

Penilaian dilakukan tim secara silang. Kota/kabupaten di Jawa, tim penilai berasal dari Sulawesi. ” Agar  kualitas penilaian benar-benar obyektif dan tepat.

Penilaian Adipura 2011 dimulai tahapan pertamanya pada November 2010 dengan diikuti 378 kabupaten/kota. Di antaranya hanya lolos 180 kabupaten/kota.

Seleksi dilakukan tiga kali dan setiap tahap harus meraih nilai minimal 71. Hal ini untuk menjaga konsistensi daerah dalam menjaga lingkungannya. Hasil tim seleksi dari akademisi dari berbagai universitas di Indonesia itu diberikan kepada Dewan Adipura untuk dimatangkan.

About kherjuli

PRESIDEN AIR

Posted on Juni 10, 2011, in Uncategorized and tagged , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. Ass.Alaikum…selamat dan Sukses Tanjung Pinang meraih Adipura 2011…..pertahankan eksistensi itu….jgn pernah berhenti untuk menata kebersihan dan penghijauan ini…..Insya Allah berkah untuk semua..Amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: