HARI LINGKUNGAN HIDUP DUNIA 2011, ( World Environt Day 2011) Forest : Nature at Your Service


Hari Lingkungan Hidup Sedunia (World Environment Day) setiap tahun puncaknya dilaksanakan pada tanggal 5 Juni dengan tema yang berbeda. Meskipun demikian, maksud dan tujuannya tetap sama yaitu sebagai momentum untuk merangsang kesadaran masyarakat diseluruh dunia akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup.
Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2011 akan dipusatkan di New Delhi India. Adapun Tema yang diangkat yaitu : “Forests: Nature at your Service”. Tema tersebut menekankan akan pentingnya nilai keberlanjutan hutan bagi kelangsungan hidup manusia dan menegaskan adanya keterkaitan yang erat antara kualitas kehidupan manusia dengan kelestarian ekosistem hutan.
Di Indonesia, tema Hari Lingkungan Hidup 2011 mengangkat issu : “Hutan Penyangga Kehidupan”. Tujuannya untuk menggugah kesadaran seluruh masyarakat Indonesia akan pentingnya hutan sebagai penjaga keseimbangan antara kepentingan manusia dan kepentingan semua makhluk hidup lainnya. Hal tersebut hanya dapat tercapai bila hutan tetap terjaga kelestariannya oleh semua pihak.
Laju kerusakan hutan di Indonesia pada kenyataannya lebih cepat dibandingkan dengan laju pemulihannya. Laju kerusakan hutan mencapai 1,17 juta hektar per tahun sedangkan kemampuan pemulihan lahan yang telah rusak hanya sekitar 0,5 juta hektar per tahun. Sudah pasti luas hutan Indonesia yang secara de yure mencapai 133.300.543,98 ha akan terus mengalami deforestasi, kerusakan lingkungan dan penyusutan hutan menjadi Lahan Pencabar Kehidupan yang rentan akan bencana alam seperti banjir dan tanah lonsor, kekeringan, hilangnya keanekaragaman hayati dan perubahan iklim.
Padahal hutan sangat berperan sebagai penyangga kehidupan untuk mewujudkan lingkungan hidup yang harmonis antara manusia, flora dan fauna. Itulah yang menjadi stressing pada Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia (World Environment Day) tahun 2011 ini. Oleh karena itu pemilihan tema disesuaikan dengan tahun 2011 yang dideklarasikan PBB sebagai Tahun Hutan Internasional (International Year of Forest). Tahun Hutan Internasional sendiri mengangkat tema “Forests for People“.

About kherjuli

PRESIDEN AIR

Posted on Juni 10, 2011, in Uncategorized and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: