Menyambut Hari Air Dunia, 22 Maret 2011


Air dan Urbanisasi

Latar Belakang Dokumen

PBB-Air telah mendedikasikan Hari Air Dunia 2011 (WWD 2011) dengan tema Air dan Urbanisasi. Tujuan dari WWD 2011 adalah fokus perhatian internasional pada dampak pertumbuhan penduduk yang cepat industrialisasi perkotaan, dan ketidakpastian yang disebabkan oleh perubahan iklim, konflik dan bencana alam pada sistem air perkotaan. Ini akan mendorong tindakan oleh pemerintah, organisasi, masyarakat, dan individu di seluruh dunia untuk secara aktif terlibat dalam mengatasi tantangan pengelolaan air perkotaan.

UN-HABITAT yang mengkoordinir organisasi WWD 2011 atas nama PBB-Air. Tanggung jawab ini meliputi:

i) Memfasilitasi partisipasi luas anggota PBB-Air dan pemangku kepentingan lainnya dalam merencanakan dan melaksanakan kegiatan WWD 2011

ii) Bekerja sama dengan anggota PBB-Air dan pemangku kepentingan untuk mengidentifikasi kota tuan rumah untuk perayaan global WWD 2011.

iii) komunikasi Mempersiapkan dan materi termasuk program acara, speaker, undangan, UN-Air pernyataan, keterlibatan dengan media, dan pengembangan poster, brosur, spanduk dan pemasaran yang lain / produk outreach.

iv) Menyelenggarakan advokasi dan jangkauan kegiatan untuk mempromosikan kegiatan WWD 2011.

Sebagai langkah pertama, UN-HABITAT telah menyelenggarakan dua telekonferensi pada bulan April dan Juli 2010, masing-masing, untuk membentuk agenda untuk WWD 2011. Selama telekonferensi, organisasi yang berpartisipasi diuraikan isu-isu kunci yang akan dibahas dalam tema WWD 2011.

Ini termasuk:

i) tren Urbanisasi) dan implikasinya terhadap kebijakan air dan praktek

ii) jejak ekologis air perkotaan, DAS termasuk dan manajemen air limbah.

iii) isu-isu manajemen Banjir

iv) Perkotaan dan pertanian urban pinggiran, termasuk penggunaan air limbah diperlakukan dan pemanenan air hujan untuk pertanian perkotaan

v) Dialog sosial dan tata pemerintahan partisipatif

vi) Peran pembelajaran aliansi dalam pengelolaan air perkotaan.

UN-Air Seminar Hari Air Dunia 2011 di Stockholm

Sebagai bagian dari World Water Week di Stockholm, sebuah seminar tentang “Hari Air Dunia 2011 – Urban Manajemen Air: Permasalahan Kunci dan Prioritas Aksi” diadakan pada tanggal 7 September 2010. Tujuan Seminar adalah untuk menyoroti isu-isu pengelolaan air perkotaan dan prioritas aksi berdasarkan pengalaman beragam anggota PBB-Air dan pemangku kepentingan lainnya. Peserta membuat rekomendasi berikut mengenai perencanaan, organisasi dan pengembangan pesan-pesan kunci untuk WWD 2011:

i) Fokus pada solusi – sebagian besar pembicara menekankan perlunya untuk menjauh dari analisis dari malapetaka dan suram dan fokus pada kisah sukses. Ini direkomendasikan bahwa pesan-pesan kunci untuk WWD 2011 harus realistis dalam menyoroti tantangan air perkotaan saat merayakan kisah sukses.

ii) Melibatkan kepemimpinan atas – itu direkomendasikan bahwa penyelenggara WWD 2011 harus mendapatkan pemimpin global untuk mengakui pentingnya pengelolaan air yang tepat di kota-kota dan menggunakan pesan mereka untuk mengilhami tindakan positif.

iii) Dapatkan lebih banyak anak dan remaja yang terlibat – peserta sepakat pada kebutuhan untuk mendapatkan lebih banyak anak dan remaja terlibat dalam kegiatan untuk merayakan kegiatan WWD 2011.

iv) Bekerja dengan media – direkomendasikan bahwa penyelenggara harus melibatkan media dalam persiapan untuk WWD 2011. Hal ini juga merekomendasikan bahwa lokakarya pelatihan media yang diadakan bagi para jurnalis sebagai bagian dari WWD 2011.

v) Hubungkan sebagai WWD 2011 banyak peristiwa di seluruh dunia mungkin – direkomendasikan bahwa lebih banyak usaha dilakukan untuk lebih terhubung WWD 2011 kejadian di seluruh dunia melalui tele / konferensi video, siaran langsung, facebook, twitter dll untuk memberikan rasa komunitas dan partisipasi dalam perayaan global.

Link walikota vi) dan manajer kota air – direkomendasikan bahwa WWD 2011 penyelenggara harus tuan rumah konferensi video atau dialog dari Walikota dan manajer kota air di seluruh dunia untuk menghubungkan kota-kota di mendiskusikan solusi inovatif untuk pengelolaan air perkotaan.

Pasca-Stockholm Road Map

Pasca-Stockholm kegiatan termasuk mengidentifikasi sebuah kota tuan rumah perayaan global, persiapan bahan komunikasi dan penjangkauan, dan kegiatan advokasi dan sosialisasi di seluruh bulan-bulan menjelang WWD 2011. Kegiatan ini dijelaskan di bawah ini.

i) Identifikasi sebuah kota host – UN-HABITAT telah mendekati Dewan Menteri Afrika Air (AMCOW) untuk mendukung hosting perayaan global di Cape Town, Afrika Selatan.

ii) Persiapan material komunikasi dan penjangkauan – Olahan untuk WWD 2011, termasuk program acara, speaker, undangan, UN-Air pernyataan, keterlibatan dengan media, dan pengembangan poster, brosur, spanduk dan pemasaran yang lain / produk penjangkauan akan disimpulkan pada Desember 2011.

iii) Persiapan konferensi di Zaragoza, Spanyol – 13-17 Desember 2010 – Selama konferensi tentang “Pengelolaan Air Berkelanjutan di Kota-Kota: melibatkan para pemangku kepentingan untuk perubahan yang efektif” Pernyataan PBB-Air pada WWD 2011 akan diselesaikan. Beberapa hasil yang spesifik dari konferensi tersebut – khususnya studi kasus – akan disajikan sebagai bagian dari WWD 2011.

iv) Sosialisasi, advokasi dan kegiatan outreach – akan Fokus pada penyebaran materi kampanye, kegiatan advokasi dan sosialisasi di seluruh bulan-bulan menjelang WWD 2011.

Kesimpulan

Atas nama PBB-Air, panggilan UN-HABITAT pada anggota PBB-Air, pemerintah, organisasi, masyarakat, dan individu di seluruh dunia untuk aktif berpartisipasi dalam perencanaan untuk WWD 2011 perayaan dan membantu membuat air bersih dan sanitasi kenyataan bagi orang di seluruh dunia.

About kherjuli

PRESIDEN AIR

Posted on Januari 12, 2011, in Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink. 7 Komentar.

  1. info yang menarik,,
    kami dari mahasiswa teknik pengairan UB juga mlakukan kegiatan mempringati hari air dunia yang rutin kami lakukan setiap tahunnya.
    tahun ni kami mengadakan dengan tema water and human race
    adapun kegiatannya antara lain
    1. reboisasi
    2. bersih-bersih brantas
    3. aksi damai
    4. konser musik
    sekiranya ada yang ingin bergabung dengan acara kami silahkan saja bergabung.
    thx

    • Mantap Boss,..
      Insya Allah kami akan bergabung. Mohon diinformasikan ke Blog ini atau ke FB : Kherjuli
      Kami juga rutin melaksanakan kegiatan HAD setiap tahunnya.
      Salam buat Rekan-rekan Mahasiswa UB

      Kami bangga.
      Kherjuli
      Ketua LSM ALIM KEPRI
      Contact Person : 085272772024

  2. Hai Kami dari Tim Grebeg Air akan memperingati hari Air Sedunia kolaborasi dengan pemerintah kota jogjakarta.
    Acara menggandeng 7 Seniman ISI,kampus tekhnik lingkungn memamerkan replika toilet,hasil rancang bagun tekhnologi air ,dan music serta dukungan dari BORDA lsm lingkungan juga
    Acara kita di titik nol kilometer jgjakarta tanggal 20 mAret 2011 dari jam 8-1 wib .
    Lihat juga blog kami grebegairindo.blogspot.com

  3. salam bapak kherjuli, saya mau tahu didaerah mana saja bapak dan tim melakukan sosialisasi kepada masyarakat? dan dengan cara bagaimana bapak melakukan sosialisasi tersebut?
    trims
    murtadho mhs UIN jakarta

    ——————————–

    Kami melakukan sosialisasi di Kota Tanjungpinang di sekolah/panti asuhan/kantor/pasar dan di media cetak lokal dan RRI Tanjungpinanga serta melalui media sosial Facebook. Caranya dengan memasang spanduk, menyebarkan sticker, brosur, koran yang berisi artikel HAD, Dialog interaktif, Opini dan banyak lagi cara yang lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: