PIALA ADIPURA HANYUT TERSERET BANJIR ?


“Apa,… ! PIALA ADIPURA HANYUT TERSERET BANJIR ,.. ?”

Masalah sampah dan drainase merupakan masalah perkotaan yang harus mendapat perhatian serius dari semua pihak.

Benar masalah sampah merupakan tanggung jawab bersama Pemerintah, masyarakat dan swasta tetapi pada tataran rugalasinya masalah sampah menjadi tanggungjawab Pemerintah.

Pengelolaan sampah harus dilakukan secara komprehensif, yaitu dengan konsisten menjalankan UU No.18 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan Sampah yang berlandaskan pada prinsip-prinsip 3P; peningkatan pendayagunaan aparat (PPNS), prasarana dan sarana penegakan hukum lingkungan; serta pengembangan Jejaring Penegakan Hukum Lingkungan.

Perda Kebersihan Kota Tanjungpinang sudah selayaknya direvisi dan disesuaikan dengan UU 18/2008 itu. Jadikan perda itu sebagai landasan bertindak bagi semua pihak untuk menjadikan masalah sampah lebih mudah terpantau dan dikelola dengan sebaik-baiknya.

Selain Perda juga perlu peningkatan kapasitas drainase yang disesuaikan dengan volume air, terutama disaat hujan.

Banjir di jalan Pemuda yang sempat terekam televisi swasta MetroTV beberapa waktu lalu, menjadi peringatan bagi kita semua betapa program unggulan BLH Kota Tanjungpinang yaitu Adipura semakin mendapat tantangan bagi daerah-daerah lain di Indonesia yang juga mendambakan piala Adipura itu diterima Bupati/walikotanya dari Preiden SBy langsung dari Istana Negara sekitar bulan juni mendatang. Lalu piala Adipura itu di arak di kota penerima Adipura itu dengan suka cita dan gegap gempita.

Program ADIPURA merupakan upaya strategis untuk mewujudkan lingkungan perkotaan yang berkualitas baik, sehat dan berkelanjutan. Kalau masih ada banjir, terutama di jalan-jalan artileri yang dijadikan titik pantau dan penilaian Adipura, itu artinya dapat membuat nilai pada titik pantau itu menjadi rendah bobotnya.

Bisa-bisa tahun depan Piala Adipura “hanyut terbawa banjir” kedaerah lain yang lebih layak sistem drainase dan pengelolaan sampahnya. Kedaerah lain yang lebih berhasil mengimplementasikan program unggulan Adipura yang dirancang oleh Kementerian Lingkungan Hidup.

 

About kherjuli

PRESIDEN AIR

Posted on Oktober 14, 2010, in Uncategorized and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: