Batik Melayu Kepri


Motif *Awan larat kembang beratur

Legenda dalam literatur Melayu ke-17, Sulalatus Salatin menceritakan Laksamana Hang Nadim yang diperintahkan oleh Sultan Mahmud untuk berlayar ke India agar mendapatkan 140 lembar kain Serasah dengan pola 40 jenis bunga pada setiap lembarnya. Karena tidak mampu memenuhi perintah itu, dia membuat sendiri kain-kain itu. Namun sayangnya kapalnya karam dalam perjalanan pulang dan hanya mampu membawa empat lembar sehingga membuat sang Sultan kecewa. Oleh beberapa penafsir, Serasah itu ditafsirkan sebagai Batik. (Sumber : Wikipedia)

Hj. R. Syahniar Usman, Pemrakarsa yang Tak ingin nilai-nilai budaya Melayu Lapok oleh waktu

Galeri Sri Puan yang terletak di JL. PANTAI IMPIAN GANG LUMBA-LUMBA VI NO 63 Tanjungpinang, mencoba menterjemahkan kembali Serasah/Batik itu dengan menampilkan aneka reka, corak, warna, ragam dan bentuk motif khas Melayu Kepulauan Riau yang dikenal dengan aneka Segantang Lada.

Disamping Batik Melayu Khas Kepulauan Riau, Gallery Sri Puanjuga menawarkan souvenir khas Tanjungpinang dengan harga-harga khusus.

Bahan Batik yang kami persiapkan untu Anda terdiri dari 100 persen cotton, dolbi hingga sutera. Bahan 100 persen cotton dan dolbi dijual dengan harga Rp125 ribu per meter, sementara bahan sutra ditawarkan Rp 370 ribu per meter dan bahan serat nanas seharga Rp200 ribu per meter.

Setiap bahan sudah tersedia dengan ukuran panjang 2,25 meter. Ada pula busana batik yang sudah jadi seperti kemeja yang cukup variatif. Mulai dari kemeja lengan pendek hingga kemeja lengan panjang. Harganya mulai Rp130 ribu per potong.

Kaos Batik

Galery Sri Puan juga menawarkan souvenir yang terbuat dari kulit kerang dan gonggong.  Tersedia juga hantaran pernikahan, mulai dari songket yang dihias menjadi burung merak dan lainnya. Ada kaos sablon batik, Tas Laptop Batik, perhiasan wanita (kalung/gelang bermotif batik), sepatu dan lain sebagainya.

Galery Sri Puan MENERIMA PESANAN untuk pakaian/seragam : KANTOR/ORGANISASI/SEKOLAH/SWASTA/dll.

About kherjuli

PRESIDEN AIR

Posted on September 1, 2010, in Uncategorized and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: