Kota Teduh


”Selamat tidur Sahabat Ku. Doa kami selalu mengiringi Mu dan semoga Engkau dalam keadaan sehat selalu”.

Suatu pemandangan yang sangat menarik yang terekam di kamera kami pada saat kami turun ke lapangan dalam rangka mengikuti pelatihan pemantau Adipura, di salah satu jalan alteri di kota Medan 27/8. Selain kami dapat melihat secara langsung objek-objek yang akan dipantau pada titik pantau yang telah ditentukan tutor kami, kami dapat pula menyaksikan feneomena langka hari itu.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Ada seorang lelaki muda yang sedang tertidur pulas di bawah pohon rindang dan teduh. Kami sempat berkelakar, inilah konsekwensi dari sebuah jalan yang ditumbuhi pohon-pohon besar dengan sebaran yang sangat baik dan memiliki fungsi teduh yang sangat baik pula. Ini mungkin konsekwensi Kota Teduh buat banyak orang. Andaikan tidak teduh, tentu pemuda itu tidak dapat melanjutkan tidurnya karena harus berkelahi dengan panasnya sinar mentari di pagi menjelang tengah hari.

Ternyata dari 4 regu yang turun ke jalan itu untuk mengambil objek yang sama, hanya aku yang merekam peristiwa itu di kamera sedangkan yang lainnya tidak ada. Ya,.. memang orang-orang yang yang berada di di jalan itu tidak termasuk komponen yang hendak dipantau dan diberi nilai. Siapapun juga Ia. Apakah tukang kebun, tukang sapu jalanan atau petugas kebersihan kota. Semuanya tidak menjadi komponen yang akan dipantau. Aku hanya ingi mencoba menghubungkan perilaku lelaki itu dengan suasana teduh dan keberadaan pohon, PKL, taman maupun darinase dari sudut pandang yang lain.

Aku tak kuasa membangunkan dari tidurnya untuk mencari tahu apakah dia dalam keadaan sehat jasmani dan rohani ? Tetapi dalam hati ini keinginan itu kuat sekali. Namun apa boleh buat, tutor sudah memanggila kami untuk menuju kendaraan yang telah disediaakan memantau titik pantau lainnya yaitu, pasar, sekolah, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dan pemukiman.

”Selamat tidur Sahabat Ku. Doa kami selalu mengiringi Mu dan semoga Engkau dalam keadaan sehat selalu”.

About kherjuli

PRESIDEN AIR

Posted on Agustus 28, 2010, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: