JANGAN MEMPERMAINKAN AIR


Anak-anak sedang menikmati air bersih bantuan Donatur Program PAPA LSM ALIM Prov. Kepri”Masih banyak anak-anak di negeri ini yang kurang bernasib baik, karena  air bersih dan sanitasi yang seharusnya bisa mereka rasakan dengan layak,  ternyata terabaikan begitu saja. Namun sayang, terlewatkan dengan sia-sia.

Potret akses air bersih bagi anak dinegeri ini belum begitu mengembirakan hati kita. Ya,.. Masih banyak anak-anak di negeri ini mengkonsumsi air dengan kwalitas buruk. Penyebabnya beragam dan salah satunya  karena mereka belum tidak mengerti dengan kwalitas air.

Ditangan kitalah kwalitas air yang akan mereka konsumi itu ditentukan. Bila kita berikan yang buruk, maka akan berdampak buruklah bagi derajat kesehatan mereka. Demikian sebaliknya, bila kwalitas air yang mereka konsumsi baik, maka akan berdampak baik pula derajat kesehatan mereka.

Memang benar bahwa air bersih dan sanitasi yang memadai bukan satu-satunya indikator untuk mengukur penyebab tinggi rendahnya derajat kesehatan anak-anak. Banyak lagi indikator yang lainnya. Tetapi sangat ironis rasanya bila indikator yang paling mendasar itu saja sulit dipenuhi. Dari sekian banyaknya yang menjadi kebutuhan dasar  anak-anak, air bersih merupakan prioritas. Sebab, air tidak dapat ditukar dengan yang lain. Dengan kata lain, air bersih merupakan kebutuhan dasar yang wajib dipenuhi  terutama bagi anak-anak agar kehidupan mereka menjadi sehat dan produktif.

Ada kecenderungan bahwa anak-anak lebih mudah terserang virus/kuman penyakit dibanding orang dewasa.  Dari hasil penelitian memperlihatkan bahwa kulit anak tiga kali lebih tipis dibanding kulit orang dewasa. Oleh karena itu sangat rentan terhadap kuman, virus maupun bakteri koli yang terkandung didalam air yang mereka gunakan. Seperti penyakit diare, gatal-gal, alergi, DBD, Disentri dan lain sebagainya. Disamping itu, daya tahan tubuh anak-anak (kekebalan)  tidak sekuat orang dewasa.

Perilaku hidup bersih dan sehat orang tua dan kondisi lingkungan, turut menentukan derajat kesehatan anak-anak. Tempat tinggal dan tempat bermain anak yang bersih dan sehat, akan memberikan kontribusi yang positif bagi pertumbuhan anak . Anak-anak yang belum banyak mengerti tentang sesuatu hal, menuntut perhatian dan sentuhan kasih sayang dari ayah dan ibu mereka. Berikan perlindungan kepada mereka secara terus menerus.

Kwalitas makanan dan air minum yang mereka konsumsi setiap hari sangat ditentukan oleh orang tua mereka. Ya,.. karena mereka belum mengerti mana yang baik dan mana yang buruk. Mereka juga belum mengerti mana air yang bersih lagi menyehatkan atau air yang kotor pembawa penyakit.

Oleh karena itu, sebagai orang dewasa dan juga orang tua hendaknya kita harus selalu peduli terhadap kwalitas air. Mari kita berpikir dan bertindak agar generasi penerus bangsa ini dapat tumbuh berkembang sebagai generasi yang kuat dan sehat. Mari kita wujudkan dan berikan hak-hak dasar mereka itu dengan mudah disetiap tempat dan waktu. Mari kita wujudkan lingkungan yang sehat dan bersih. Dan,.. Mari kita sisihkan dan kita salurkan tiap tetes air bersih yang kita nikmati untuk anak-anak disudut sana yang kurang bernasib baik. Mari kita bantu orang tua mereka dan saudara-saudara kita yang kurang beruntung itu mendapatkan air bersih untuk kehidupan yang sehat dan produktif.

Andai kata tiap tetes air bersih yang kita nikmati itu bisa berbicara, tentu ia akan berkata,

Emangnya lhu aja yang mau hidup dan pingin sehat ?”

Saudara-saudara Ku,… Jangan biarkan rasa rakus terhadap nikmat Tuhan itu hidup didalam diri kita. Apalagi sampai kita pelihara dan beri pupuk ”pelit” supaya tumbuh subur. Mari kita renungkan dan pikirkan sewaktu kita tengah  buang air kecil, apakah tiap tetes air yang keluar dari organ fital  kita itu ikut mengalirkan pahala buat kita dan manfaat bagi orang banyak ? Ataukah air kotor itu ikut membuang dosa-dosa serakah kita? Dan coba bayangkan dan pikirkan pula bila seandainya kita sulit buang air kecil ? Maka bila itu yang terjadi,  kita akan takut minum air yang berlebihan dan air sembarangan, bukan ?

Melalui program PUNDI AMAL PEDULI AIR ini kami berpesan, :

Jangan biarkan tiap tetes air yang kita nikmati itu menjadi tidak berkah karena sifat pelit dan serakah. Jangan sampai tiap-tiap tetes air yang kita nikmati itu menjadi pemicu bencana ”banjir” atau ”kekeringan” didalam diri. Jangan biarkan tiap tetes air yang kita nikmati itu ”melongsorkan” amal kebaikan kita yang masih sedikit tersisa dan melekat dihati sanubari, hanya karena kita pelit dan rakus dan ingin hidup sendiri dan membiarkan yang lainnya ”mati”.

About kherjuli

PRESIDEN AIR

Posted on Agustus 21, 2010, in Uncategorized and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s