Berbagi Air


Sirahturahmi adalah Air dan Air adalah Sumber kehidupan.

Saudara Ku,.. Beberapa hari yang lalu, aku tak sempat mengisi blog ini dengan postingan terbaru. Itu karena sebagian waktu ku habis untuk mendesain dan membuat website gratisan yang akan diperuntukan khusus untuk progaram PUNDI AMAL PEDULI AIR. Sampai detik ini juga website itu belum juga rampung. Beginilah jika mengerjakan sesuatu hanya berbekal pengetahuan yang bersifat Otodidak. Hasilnya memang selalu kurang memuaskan. Meskipun demikian, tidak membuat aku berhenti mencari tahu hanya karena tidak memiliki ilmu yang cukup. Tidak seperti itu dan aku rasa Saudara Ku juga bisa memaklumi hal itu.

Saudara Ku,.. Sebagian waktu ku juga habis untuk menjalankan amanah dari seorang Hamba Allah yang telah mendermakan sebagian rezeki yang Ia miliki guna membantu Saudara-saudara kita untuk memperoleh hak dasarnya (air) melalui program PAPA. Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, Allah swt yang telah mengetuk pintu hatinya untuk saling berbagi kepada Saudara-saudara kita yang kurang beruntung. Alhamdulillah,.. Senilai Rp 5.000.000,- (lima juta rupiah) telah Ia dermakan melalui program PAPA ini. Semoga Tuhan Yang Maha Esa, Allah swt selalu melimpahkan rahmatNya buat Saudara kita itu. Amin.

Saudara Ku,.. Ingin Aku menampilkan namanya pada ruang publik ini tetapi beliau enggan ditampilkan. Ia mengatakan, ”Biarkanlah Allah saja yang tahu”. Subhanallah ya Robbi.

Sudarara Ku,.. Itulah alasan mengapa ruang ini baru terisi berita dan cerita baru. Itulah sebabnya mengapa aku belum bisa berbagi sesuatu buat kalian semua. Nah sekarang,.. Aku ingin memberitahu kalian semua bahwa beberapa hari yang lalu aku bersama Tim PAPA sudah melakukan survey di salah satu lokasi yang ada di kota ini guna menyalurkan bantuan Saudara kita tadi.

Saudara Ku,.. Aku dan anggota Tim PAPA sampai di Kampung Sidomulyo RT 1 RW XI Kelurahan Batu IX Kecamatan Tanjungpinang Timur Kota Tanjungpinang. Di lokasi tersebut kami menelusuri kondisi sosial, lingkungan hidup dan kwalitas air yang digunakan masyarakat. Hal ini bertujuan supaya bantuan dari Saudara kita itu tepat pada sasarannya dan bersifat skala prioritas. Ternyata, di lokasi tersebut kami temukan seorang Ibu yang sudah berusia lebih dari setengah abad, bersama 4 orang cucunya yang masih sangat kecil-kecil datang menghampiri kami. Inilah keluarga yang dimaksudkan salah satu anggota kami beberapa waktu yang lalu. Tidak menyia-nyiakan waktu, wawancarapun kami lakukan untuk mendapatkan gambaran tentang status sosial ekonomi.

Setelah wawancara selesai, kami menyimpulkan bahwa keluarga Ibu Hariati memang layak untuk menerima bantuan. Selain tergolong keluarga kurang mampu, terdapat 4 orang anak kecil yang harus segera kami lindungi dan berikan air bersih yang memenuhi standar kesehatan. Sebab dari hasil pemantauan kwalitas air yang kami lakukan, air sumur milik Ibu Hariati sudah tidak layak lagi dikonsumi karena tidak memenuhi standar kesehatan. Airnya diduga sudah tercemar limbah dan bisa berdampak buruk bagi kesehatan, terutama bagi anak-anak.

Saudara Ku,.. Setelah bermusyawarah, kami kemudian memutuskan untuk membuat sumur baru di lokasi yang lebih aman dari gangguan pencemaran. Setelah dilakukan penghitungan material dan upah gali, lalu kami langsung menuju ke toko material terdekat untuk membeli cincin sumur. Salah seorang dari anggota Tim PAPA kemudian pergi kerumah tukang gali sumur dan meminta supaya pekerjaan pembuatan sumur bisa segera dilakukan.

Saudara Ku,.. bersamaan dengan narasi ini adalah fenomena yang terekam dikamera kami dan sekaligus dapat menggambarkan kepada Saudara-saudara sekalian betapa mereka sangat mendambakan bantuan dan uluran tangan kita semua. Sangat ironis bila ada Saudara-saudara kita yang hidup dalam kemewahan dan mampu mengakses berbagai fasilitas sementara disudut-sudut dan diruang-ruang waktu dan tempat yang berbeda, masih ada Saudara-saudara Kita yang belum mampu memperoleh kebutuhan dasar secara layak. Terutama perempuan dan anak-anak yang senantiasa harus mendapatkan perlindungan baik secara sosial, ekonomi, budaya, hukum dan politik.

About kherjuli

PRESIDEN AIR

Posted on Agustus 14, 2010, in Uncategorized and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: