Kebijakan Publik Di Daerah Dalam Rangka Percepatan Penyediaan Air Minum


Diskusi Publik
“Partisipasi Masyarakat Dalam Penyusunan Kebijakan Publik Di Daerah Dalam Rangka Percepatan Penyediaan Air Minum di Ibu Kota Provinsi Kepulauan Riau”
PDF Cetak E-mail

I. Latar belakang :
Partisipasi Masyarakat adalah keterlibatan masyarakat dalam segala bidang termasuk dalam penysusunan kebijakan publik di daerah. Mulai dari merencanakan, menyusun tahapan kebijakan, pembuatan keputusan sampai dengan penilaian keputusan, termasuk juga peluang untuk ikut serta dalam pelaksanaan keputusan.


Kebijakan Publik di daerah adalah kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh pemerintah Daerah sebagai pembuat kebijakan, bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu di masyarakat, di mana dalam penyusunannya melalui berbagai tahapan.
Air minum merupakan salah satu kebutuhan dasar penduduk yang perlu diupayakan agar senantiasa tersedia dalam jumlah yang cukup merata dan mutu yang baik.

Dari Kanan : DR. Ir. Hasbulah Wibisono, MM, DR. Syaiful, Ir. William Solary sebagai Pembicara dan Kherjuli moderator Diskusi Publik, Rabu 21 Juli 2010 Tanjungpinang

Demi mewujudkan Partisipasi Masyarakat Dalam Penyusunan Kebijakan Publik di daerah, dalam rangka percepatan penyediaan air minum bagi penduduk Ibu Kota Provinsi Kepulauan Riau, LSM ALIM Provinsi Kepulauan Riau bekerjasama dengan Direktorat Kesatuan Bangsa Politik Kemententerian Dalam Neger Republik Indonesia, dan didukung oleh semua pihak, menggelar Diskusi Publik.

Pembicara Kunci, Narasumber, Peserta dan Moderator Diskusi Publik

II. Maksud, Tujuan dan sasaran
Maksud diselenggarakan Diskusi Publik ini adalah :
Untuk meningkatkan Partisipasi Masyarakat Dalam Penyusunan Kebijakan Publik di Daerah Dalam Rangka Percepatan Penyediaan Air Minurn bagi penduduk Ibu Kota Provinsi Kepulauan Riau.
Tujuan diselenggarakan Diskusi Publik ini adalah :
1. Mencari masukan yang bermanfaat bagi Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dan DPRD Provinsi Kepulauan Riau dalam penyusunan Rencana Peraturan Daerah yang berkaitan dengan upaya percepatan penyediaan Air Minum di Ibu Kota Provinsi Kepulauan Riau.
2. Mencari masukan yang bermanfaat bagi Pemerintah/Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dan DPRD Provinsi Kepulauan Riau dalam merumuskan pola pembiayaan, baik yang bersumber dari APBN/APBD, Swasta dan masyarakat secara efektif dan efisien bagi percepatan penyediaan Air Minum di Ibu kota Provinsi Kepulauan Riau.
Sasaran diselenggarakan Diskusi Publik ini adalah :
Mengakomodir semua kepentingan antra lain : Pemerintah Daerah / DPRD / LSM / PDAM / Tokoh Masyarakat / Swasta /Mahasiswa / Konsumen /Organisasi Perempuan.

Peserta Diskusi Publik

III. TEMPAT, WAKTU DAN CAKUPAN KEGIATAN
Tempat : Restauran Nelayan, Tanjungpinang
Waktu : Rabu, 21 Juli 2010 pukul 08.30 s/d 13.00 wibb
Cakupan : Tanjungpinang dan Bintan

IV. PEMBICARA KUNCI, NARA SUMBER DAN PESERTA
Pembicara Kunci : Dari Direktorat Kesatuan Bangsa dan Politik Kementerian Dalam Ngeri dalam hal ini diwakili oleh DR. BANGUN SITOHANG
Narasumber :
1. DR. Noraida Mokhsen (Eksekutif)
2. Ir. Nur Syafriadi (Legislatif)
3. Ir. William Solary (Swasta)
4. DR. Syaiful (Akademisi)
Peserta : Berjumlah lebih dari 100 orang yang berasal dari : LSM/PDAM / UnsurPemerintah /Tokoh Masyarakat / Swasta / DPRD /Mahasiswa / Konsumen / Organisasi Perempuan.

V. PEMBIAYAAN
Bersumber dari APBN tahun 2010 yang disalurkan melalui Direktorat Kesatuan Bangsa dan Politik Kementerian Dalam Negeri RI

VI. PENUTUP
Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama antara LSM ALIM Provinsi Kepulauan Riau dengan Direktorat Kesatuan Bangsa dan Politik Kementerian Dalam Negeri RI dan semua pihak yang terkait.

About kherjuli

PRESIDEN AIR

Posted on Juli 22, 2010, in Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: