Air Baku Hambat Percepatan Penyediaan Air Minum


Air Baku Hambat Percepatan Penyediaan Air Minum PDF Cetak E-mail

Minimnya ketersediaan air baku untuk air minum yang dikelola PDAM Tirta Kepri menjadi salah satu hambatan percepatan penyediaan air minum di Ibu Kota Provinsi Kepri. Disamping itu masalah regulasi dan kebijakan serta pola pembiayaan untuk mempercepat penyediaan air minum masih perlu di arahkan secara terpadu melalui lintas otoritas dan wilayah administratif agar kebijakan yang dibuat menjadi lebih terarah.

Dalam diskusi publik yang digelar LSM ALIM kemarin terungkap bahwa ada beberapa regulasi dan kebijakan yang perlu di buat Pemprov. Kepri antara lain membentuk Dewan Sumber Daya Air Provinsi Kepri sebagai wadah koordinasi ditingkat Provinsi untuk memecahkan persoalan air baku dan sumber daya air yang berkaitan dengan lintas wilayah administratif dan kepentingan semua sektor.

Kemudian perlu juga dibuat Perda Penyertaan Modal PDAM Tirta Kepri, Kebijakan Subsidi untuk memperkuat finansial PDAM bila Tarif Air belum waktunya dinaikan, Perda Konservasi Sumber Daya Air dan Kawasan Lindung, Peningkatan Daerah Tangkapan air dengan mengembalikan kebun sawit menjadi hutan lindung, Investasi di bidang air minum melalui Perbankan Nasional, swasta dan kerjasama dengan BUMD lainnya dengan prinsip B to B. Dan yang paling penting adalah komitmen ketiga Pemerintah yang ada di Pulau Bintan ini yaitu Pemprov Kepri, Pemkot Tanjungpinang dan Pemkab Bintan dalam mencapai target millinium devolopement goals 2015 di Ibu Kota Provinsi Kepri.

Selain itu masyarakat juga perlu diberi peran dalam penysusunan kebijakan publik di daerah dalam rangka percepatan penyediaan air minum. Mulai dari merencanakan, menyusun tahapan kebijakan, pembuatan keputusan sampai dengan penilaian keputusan, termasuk juga peluang untuk ikut serta dalam pelaksanaan keputusan.

Konsultasi publik memang diperlukan mengingat air minum merupakan salah satu kebutuhan dasar penduduk dan perlu diupayakan agar senantiasa tersedia dalam jumlah yang cukup merata dan mutu yang baik.

About kherjuli

PRESIDEN AIR

Posted on Juli 22, 2010, in Uncategorized and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: